PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE DAN NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN 2 TALISE

-, WAHYUNI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE DAN NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN 2 TALISE. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuni (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example dan
Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 2 Talise.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I)
Iskandar, Pembimbing (II) Arif Firmansyah.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS
kelas V SDN 2 Talise melalui model pembelajaran kooperatif tipe example dan
non example. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di
kelas V SDN 2 Talise. Subyek penelitian melibatkan 20 siswa yang terdaftar pada
tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis
dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua
kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan hasil tes pra tindakan dengan
presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 40,0% dan daya serap klasikal
61,5%. Siklus I dengan perolehan presentase ketuntasan klasikal 65,0% dan daya
serap klasikal 69,0%, meningkat pada siklus II dengan presentase ketuntasan
klasikal sebesar 90,0% dan daya serap klasikal 79,5%. Aktivitas guru pada siklus
I pertemuan pertama mencapai 62,5% dan pertemuan kedua 72,22% dengan
kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan pertama 84,72%
dan pertemuan kedua mencapai 93,05% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan
aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama 61,11% dan pertemuan kedua
70,83% dengan kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan
pertama mencapai 81,94% dan pertemuan kedua 91,66% dengan kriteria sangat
baik. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe example dan non
example dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN 2 Talise.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example dan Non
Example, Hasil Belajar IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 17 Nov 2025 05:45
Last Modified: 17 Nov 2025 05:45
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151815
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item