-, ASTIKA (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVICION (STAD) DI KELAS V SD INPRES LELUMPANG. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Astika, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-sifat Bangun
Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement
Divicion (STAD) di Kelas V SD Inpres Lelumpang. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
KeguruandanIlmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hj. Akina.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh
deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas V
SD Inpres Lelumpang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
penerapan model pembelajaran kooperaatif tipe STAD yang dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Inpres
Lelumpang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilakukan dalam dua siklus. Siklus tersebut menggunakan empat tahap PTK yang
mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu: (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan tindakan (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan
dalam dua siklus dan diterapkan pada siswa kelas V SD Inpres Lelumpang dengan
jumlah siswa 19 siswa, 14 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Pengumpulan
data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil belajar
siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 52,63 % dan siklus II yaitu78,94%.
Persentase hasil observasi kegiatan guru siklus I sebesar 81,6% dikategorikan
baik dan siklus II yaitu 88,3% dikategorikan baik. Sedangkan persentase hasil
observasi kegiatan siswa siklus I sebesar 61,66% dikategorikan cukup dan siklus
II yaitu 85% dikategorikan baik. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division
(STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun
datar di kelas V SD Inpres Lelumpang.
Kata kunci: Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Sifat- sifat Bangun Datar
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 05:49 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 05:49 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151816 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

