PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMECAHAN MASALAH KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DI KELAS VII GATOT SUBROTO SMPN 4 PAL

-, NURUL MUTMAINNAH HASMUN (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMECAHAN MASALAH KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DI KELAS VII GATOT SUBROTO SMPN 4 PAL. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurul Mutmainnah Hasmun. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Pemecahan Masalah Keliling dan Luas Peersegi Panjang di Kelas VII Gatot
Subroto SMPN 4 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Baharuddin Paloloang
(2) Sukayasa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi Penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe think talk write dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada materi pemecahan masalah keliling dan luas persegi panjang di kelas
VII Gatot Subroto SMPN 4 Palu. Penelitan ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart
yakni (1) perencaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi.
Subjek penelitian ini sebanyak 3 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemecahan masalah keliling dan
luas persegi panjang di Kelas VII Gatot Subroto SMPN 4 Palu melalui tahaptahap sebagai berikut: (1) think, (2) talk, (3) write. Hasil penelitian: (1)
persentase ketuntasan belajar klasikal tes akhir tindakan pada siklus I
mencapai 53,84% dan pada siklus II mencapai 76,92%, (2) hasil observasi
aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor total 26 atau berada pada kategori
baik, dan siklus II memperoleh skor total 34 atau berada pada kategori
sangat baik. (3) hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor
total 29 atau berada pada kategori baik. dan siklus II memperoleh skor total 34
atau berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian maka
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koopearatif tipe
TTW dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemecahan masalah
keliling dan luas persegi panjang di Kelas VII Gatot Subroto SMPN 4 Palu.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif, Think Talk Write, Hasil Belajar,
Pemecahan masalah, Keliling dan Luas Persegi Panjang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:14
Last Modified: 17 Nov 2025 06:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151821
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item