-, IRMA WATI (2019) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA SISWA SMA NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Irma Wati, 2019. Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains
terhadap Pemahaman Konsep Biologi pada Siswa SMA Negeri 5 Palu. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing Mohammad Jamhari
Kata Kunci: Penerapan pendekatan keterampilan proses sains, pemahaman
konsep biologi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh
penerapan pendekatan keterampilan proses sains terhadap pemahaman konsep
Biologi pada siswa SMA Negeri 5 Palu. Untuk melihat keberhasilan dari
penelitian ini, diadakan test awal untuk mengetahui kemampuan siswa pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol pada materi sistem ekskresi. Setelah itu pada kelas
eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan keterampilan
proses sains dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional
(Direct Intruction). Setelah pembelajaran selesai, kedua kelas kembali diberikan
test akhir untuk menguji hasilnya. Berdasarkan hasil dari kedua kelas, diperoleh
nilai rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 5,5
dan 6,56 untuk test awal, sedangkan untuk test akhir rata-ratanya adalah 6,34 dan
6,81. Dari hasil analisis data tes akhir yang ada diperoleh nilai ttable
sedangkan nilai thitung 0,57. Sehingga nilai thitung berada diluar daerah
penerimaan Ho, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima dengan kata lain
pemahaman konsep Biologi kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan
pendekatan keterampilan proses sains pada taraf nyata berbeda secara signifikan
dengan kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan model
pembelajaran konvensional (Direct Intruction), sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses sains
terhadap pemahaman konsep Biologi pada siswa SMA Negeri 5 Palu.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi L Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:16 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:16 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151822 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

