-, IKRAM (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMPN 19 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Ikram, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Pembelajaran Contextual Teaching and
Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VII SMPN 19 Palu.Skripsi
Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.
Pembimbing (1) Drs. H. Kamaluddin, M.Si (II) I Wayan Darmadi, S.Si, M.Pd
Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan
Hasil Belajar
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh model pembelajara Pembelajaran Contextual Teaching and Learning
(CTL)Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VII SMPN 19 Palu. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 19 Palu. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian
adalah kelas VII C berjumlah 24 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII A
berjumlah 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa
tes pilihan ganda yang telah divalidkan melalui validitasi. Tes hasil belajar fisika
yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen 78.35
dengan standar deviasi 3.23. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 60.04 dengan
standar deviasi 3.15. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh thitung= 3.9 dan t(0.05)(46)
= 2.01 pada taraf nyata . Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah
penerimaan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)terhadap hasil belajar pada
siswa kelas VII SMPN 19 Palu.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:29 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:29 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151826 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

