PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAMASSISTED INDIVIDUALIZATION(TAI)UNTUKMENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INTEGRALFUNGSI ALJABAR DI KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 PALU

-, YULIANA SUHERI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAMASSISTED INDIVIDUALIZATION(TAI)UNTUKMENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INTEGRALFUNGSI ALJABAR DI KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuliana Suheri. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team
Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada
Materi Integral Fungsi Aljabar di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Palu. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing: (I) Dasa Ismaimuza (II) Muh. Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi integral fungsi aljabar kelas XI IPA
3 SMA Negeri 1 Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 yang
berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan,
dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart
yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi dan (3) refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe TAI yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 3
SMA Negeri 1 Palu pada materi integral fungsi aljabar mengikuti fase-fase
pembelajaran kooperatif tipe TAI yaitu: 1) Pembelajaran secara individual, 2)
Pengorganisasian ke dalam kelompok, 3) Diskusi kelompok mengenai hasil
belajar, 4) Pemberian kuis, 5) Pemberian penghargaan, dan 6) Penyimpulan
materi. Hasil penelitian: (1) Presentase ketuntasan belajar klasikal tes akhir
tindakan pada siklus I diperoleh 73,33% dan masuk pada kategori baik. Pada
siklus II diperoleh 86,67% dan masuk pada kategori sangat baik, (2) Hasil
observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh 83,33% dan masuk pada kategori
sangat baik. Pada siklus II diperoleh 97,22% dan masuk pada kategori sangat baik,
sedangkan observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 75% dan masuk pada
kategori baik. Pada siklus II diperoleh 91,67% dan masuk pada kategori sangat
baik.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TAI; hasil belajar; integral fungsi
aljabar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:32
Last Modified: 17 Nov 2025 06:32
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151827
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item