PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SUNAN BONANG SMP ALKHAIRAAT 1 PALU

-, REZKY RAMADHANA ABDUL FATTAH (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SUNAN BONANG SMP ALKHAIRAAT 1 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rezky Ramadhana Abdul Fattah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi
Aritmatika Sosial di kelas VII Sunan Bonang SMP Alkhairaat 1 Palu. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing (I) Sutji Rochaminah Pembimbing (II) Gandung Sugita.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dalam upaya meningkatkan
hasil belajar siswa pada materi Aritmatika Sosial di kelas VII Sunan Bonang SMP
Alkairaat 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Rancangan penelitian ini mengacu pada Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
Aritmatika Sosial di kelas VII Sunan Bonang SMP Alkhairaat 1 Palu melalui
tahap-tahap sebagai berikut: Course, (1) Menyajikan informasi tentang model
pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (2) Menyajikan informasi
tentang materi Aritmatika Sosial dengan memberikan contoh masalah dan
mengarahkan siswa untuk mengamati informasi yang termuat dari masalah tersebut
(3) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang
belum dipahami (4) Mengelompokkan siswa menjadi 5 kelompok yang
beranggotakan 4 orang secara heterogen berdasarkan hasil tes awal (5)
Membagikan kertas petak dan membagikan LKPD terdiri atas 4 soal untuk
dikerjakan bersama anggota kelompok (6) Memberikan bimbingan seperlunya
kepada siswa yang mengalami kesulitan. Review, (1) Meninjau kembali secara
keseluruhan pekerjaan siswa dengan meminta masing-masing perwakilan
kelompok untuk mempresentasikan di depan kelas (2) Memberikan kesempatan
kepada kelompok lain untuk menanggapi atau bertanya (3) Mengecek jawaban
masing-masing kelompok yang mempresentasikan di depan kelas. Horay, (1)
Memberikan reward kepada kelompok yang jawabannya benar yaitu berupa stiker
bintang berwarnah merah serta Horay terbanyak dan jawaban salah berupa stiker
bintang berwarnah hitam (2) Mengumpulkan LKPD dan lembar petak Horay
masing-masing kelompok untuk dihitung skor tiap-tiap kelompok (3) Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memperoleh paling banyak stiker bintang
berwarna merah. Hasil tes akhir tindakan siklus I sebesar 60% dan hasil tes akhir
tindakan siklus II sebesar 80%.
Kata Kunci: Kooperatif, Course, Review, Horay; Hasil Belajar; Aritmatika Sosial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:39
Last Modified: 17 Nov 2025 06:39
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151828
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item