PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUMMERDEKA BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARANGEOGRAFI KELAS XI IPS DI MAS.ALKHAIRAAT KOTAPULUDOLO

-, Nur Fatmawati (2025) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUMMERDEKA BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARANGEOGRAFI KELAS XI IPS DI MAS.ALKHAIRAAT KOTAPULUDOLO. Sarjana thesis, universitas tadulako.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP FATMA FIX KE 31.pdf] Text
SKRIPSI LENGKAP FATMA FIX KE 31.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nur Fatmawati, 2025. Pengembangan Perangkat Pembelajaran KurikulumMerdekaBerbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI Ips Di Mas.Alkhairaat
Kotapulu Dolo. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu PengetahuanSosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing(1) Nurvita, Pembahas (2) Nuraedah, Sekretaris (3) Khairurraziq. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat perangkat pembelajaran geografi
berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini menekankanpada tingkat kevalidan pada aspek (keterlaksanaan perangkat pembelajaran, aktivitaspeserta didik dan pengelolaan pembelajaran), keefektifan pada aspek ( responhasil
belajar peserta didik) sehingga dalam implementasinya diharapkan meningkatkanpengetahuan, hasil belajar peserta didik khusunya dalam pembelajaran geografi. Adapun aspek pembelajaran geografi yang dikembangkan meliputi modul ajar, lembar kegiatan peserta didik (LKPD), buku siswa, dan assesment penilaian. Subjekpenelitian adalah peserta didik kelas XI (15 peserta didik) semester dua tahun ajaran2024/2025 yang dipilih secara purposes sampling yaitu memiliki kesamaankarakteristik tingkat pengetahuan, hasil belajar peserta didik yang relatif rendahkhusunya pada pembelajaran geografi. Pengembangan perangkat pembelajaranini
menggunakan model pengembangan dari Thiagarajan. Model pengembanganini
memiliki 4 tahap pengembangam yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Analisis data pengembangan perangkat pembelajaran geografi
geografi berbasis masalah digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil
penelitian dari segi kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteriavalid berdasarkan skor retara 3,2 dari kategori (2,5 = � < 3,5 ) kualitas kepraktisanperangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor retaraketerlaksanaan perangkat pembelajaran 1,91 dari kategori (1,5 ≤�≤2,0) dankualitas keefektivan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkanskor retata keterlaksanaan perangkat pembelajaran 3,38 dari kriteria(3,00 ≤��≤4,00 ). Jadi, perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkanpadapembelajaran geografi pada materi pembelajaran lingkungan hidupdankependudukan memenuhi kriteria valid,praktis dan efektif. Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, PembelajaranGeografi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
L Pendidikan > Pendidikan Geografi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: nurfatmawati nurfatmawati
Date Deposited: 27 Nov 2025 07:52
Last Modified: 27 Nov 2025 07:52
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151852
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item