BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAUSUBIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAUSU

-, Moh.safwan (2025) BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAUSUBIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAUSU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

[thumbnail of -] Text (-)
skripsi safwan fiks bundel.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

MOH.SAFWAN 2025. Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan
Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sausu. Skripsi, program studi
bimbingan dan konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tadulako. Pembimbing Ridwan Syahran.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan komunikasi interpersonal siswa
SMP Negeri 2 Sausu sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik Role Playing.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
Angket komunikasi interpersonal siswa. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan
inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis statistik menggunakan rumus
Wilcoxon Sign Rank Test pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil analisis deskriptif
menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal siswa sebelum mengikuti layanan bimbingan
kelompok teknik Role Playing, antara lain: terdapat 6 siswa (VR, VT, WI, IP, DA, NR)
memiliki klasifikasi komunikasi interpersonal rendah, 1 siswa berinisial NS memiliki
klasifikasi komunikasi interpersonal sangat rendah, dan 1 siswa berinisial YS memiliki
klasifikasi komunikasi interpersonal sedang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok
teknik Role Playing mengalami peningkatan 5 siswa berinisial (NS, WI, VR, IP, VT)
memiliki kategori meningkat dan 3 siswa (DA, NR, YS) memiliki kategori tetap. Penelitian
ini menunjukkan bahwa teknik Role Playing dalam layanan bimbingan kelompok efektif
untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sausu.
KataKunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Role Playing, Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: MOH. SAFWAN
Date Deposited: 27 Nov 2025 08:01
Last Modified: 27 Nov 2025 08:01
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151857
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item