ANALISIS PERSPEKTIF MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS TADULAKO TERHADAP KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

-, DINDA WULANDARI (2024) ANALISIS PERSPEKTIF MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS TADULAKO TERHADAP KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM). Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

[thumbnail of -] Text (-)
DINDA WULANDARI A22117032.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Wulandari,D. 2024. “Analisis Perspektif Mahasiswa Pendidikan Biologi
Universitas Tadulako Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka
(MBKM). Skripsi, Program studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kegurusan dan Ilmu
Pendidikan,Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.Mohammad Jamhari M.pd
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif mahasiswa Pendidikan
Biologi Universitas Tadulako terhadap Kurikulum Merdeka Belajar Kampus
Merdeka (MBKM) serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi kendala
dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan secara
online kepada 30 mahasiswa aktif Program Studi Biologi angkatan 2021. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki perspektif
positif terhadap Kurikulum MBKM. Mereka mengetahui informasi terkait
kebijakan MBKM, program-program yang ditawarkan, dan beranggapan bahwa
kurikulum ini memberikan dampak positif terhadap pengembangan hard skill dan
soft skill mereka, baik selama masa perkuliahan maupun setelah lulus. Mahasiswa
juga menganggap bahwa kegiatan MBKM sesuai dengan kebutuhan mereka di
masa mendatang. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan beberapa
hambatan dalam implementasi MBKM, terutama terkait dengan penyesuaian
kurikulum, pendanaan, kurangnya informasi, dan penyesuaian informasi.
Penyesuaian kurikulum menjadi hambatan yang paling signifikan, diikuti oleh
masalah pendanaan dan kurangnya informasi yang memadai. Penelitian ini
menyarankan agar Program Studi Biologi lebih terstruktur dalam mengelola
program MBKM, dosen lebih aktif mendukung kegiatan MBKM dan memberikan
arahan kepada mahasiswa, serta mahasiswa lebih proaktif dalam mencari informasi
dan memanfaatkan kesempatan yang ada.

Kata Kunci : Perspektif Mahasiswa, Kurikulum Merdeka Belajar (MBKM)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: DINDA WULANDARI
Date Deposited: 28 Nov 2025 08:06
Last Modified: 28 Nov 2025 08:06
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151872
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item