Sri Handayani (2025) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI SIBONU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
A40124270.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Bercerita siswa kelas II SDN Sibonu dalam pembelajaran ahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar pada materi Mengenal Perasaan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam siklus berulang. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Sibonu yang berjumlah 11 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan hasil peneliti diperoleh hasil Kemampuan Bercerita siswa pada siklus 1 yaitu nilai KBK 55% pada siswa kemudian adanya peningkatan sebesar 85% pada siklus 2 dan untuk nilai rata-rata DSK pada siklus 1 mendapatkan 60.4% kemudian pada siklus 2 menjadi 77.4%. Hasil observasi aktifitas guru siklus 1 diperoleh 69,4% kategori Cukup dan aktifitas siswa 41,6% kategori Sangat kurang, mengalami peningkatan dari hasil observasi aktifitas guru dan siswa pada siklus II, yaitu Pada aktivitas guru meningkat menjadi 91,6% kategori sangat baik sedangkan aktivitas siswa meningkat menjadi 91,6% kategori sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dinyatakan bahwa Kemampuan Bercerita Siswa tentang materi Mengenal Perasaan dengan menggunakan media gambar Meningkat pada siswa kelas II SDN Sibonu
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mr Ahmad Zuhri |
| Date Deposited: | 29 Nov 2025 02:05 |
| Last Modified: | 29 Nov 2025 02:05 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151875 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

