PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI KELAS V SDN 1 TALISE

-, MOH. AKMAL (2025) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI KELAS V SDN 1 TALISE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

[thumbnail of -] Text (-)
A40121326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Moh Akmal, 2025. “Penerapan Model Project Based Learning untuk
Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Seni Rupa di Kelas V SDN
1 Talise”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP,
Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Imrah Dewi, (II) Kadek Hariana.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran
Seni Rupa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)
di kelas V SDN 1 Talise. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri
atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah 24 siswa kelas V SDN 1 Talise tahun ajaran 2024/2025. Data
dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa melalui
penerapan model PjBL. Pada siklus I ketuntasan klasikal kreativitas siswa sebesar
68,18%, meningkat menjadi 86,36% pada siklus II. Observasi aktivitas guru juga
meningkat dari 89,47% pada siklus I menjadi 96,05% pada siklus II. Sementara
itu, observasi aktivitas siswa meningkat dari 63,63% pada siklus I menjadi
81,81% pada siklus II. Peningkatan kreativitas siswa ditunjukkan melalui
kemampuan menghasilkan banyak gagasan, jawaban, dan saran dalam
penyelesaian masalah, serta keterampilan berpikir orisinil, rasa ingin tahu, dan
keterlibatan aktif dalam tugas yang diberikan. Dengan demikian, penerapan model
PjBL terbukti memberikan pengalaman belajar yang bermakna, meningkatkan
motivasi, serta mengembangkan keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan
kolaboratif siswa. Model ini efektif digunakan dalam pembelajaran seni rupa
untuk meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar.
Kata kunci: Project Based Learning, kreativitas, seni rupa, siswa sekolah dasarMoh Akmal, 2025. “Penerapan Model Project Based Learning untuk
Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Seni Rupa di Kelas V SDN
1 Talise”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP,
Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Imrah Dewi, (II) Kadek Hariana.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran
Seni Rupa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)
di kelas V SDN 1 Talise. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri
atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah 24 siswa kelas V SDN 1 Talise tahun ajaran 2024/2025. Data
dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa melalui
penerapan model PjBL. Pada siklus I ketuntasan klasikal kreativitas siswa sebesar
68,18%, meningkat menjadi 86,36% pada siklus II. Observasi aktivitas guru juga
meningkat dari 89,47% pada siklus I menjadi 96,05% pada siklus II. Sementara
itu, observasi aktivitas siswa meningkat dari 63,63% pada siklus I menjadi
81,81% pada siklus II. Peningkatan kreativitas siswa ditunjukkan melalui
kemampuan menghasilkan banyak gagasan, jawaban, dan saran dalam
penyelesaian masalah, serta keterampilan berpikir orisinil, rasa ingin tahu, dan
keterlibatan aktif dalam tugas yang diberikan. Dengan demikian, penerapan model
PjBL terbukti memberikan pengalaman belajar yang bermakna, meningkatkan
motivasi, serta mengembangkan keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan
kolaboratif siswa. Model ini efektif digunakan dalam pembelajaran seni rupa
untuk meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar.
Kata kunci: Project Based Learning, kreativitas, seni rupa, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MOH.AKMAL
Date Deposited: 02 Dec 2025 00:22
Last Modified: 02 Dec 2025 00:22
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151882
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item