-, ASTRI WANA (2025) PERANAN MOTIVASI GURU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII A SMP NEGERI 3 SIRENJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Astri Wana_A31121051.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Astri Wana, (2025). Peranan motivasi guru untuk meningkatkan Prestasi belajar
siswa pada mata Pelajaran IPS di kelas viii A SMP negeri 3 sirenja. Skripsi, dan
Program studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,
Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Prof.
Dr. Juraid, M. Hum.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Sirenja dengan membahas dua
hal yaitu: (1) Peranan Motivasi guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPS kelas VIII A SMP Negeri 3 sirenja. (2) Prestasi belajar
siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sirenja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
motivasi guru IPS di kelas VIII A SMP Negeri 3 sirenja, untuk mengetahui prestasi
belajar siswa kelas kelas VIII A SMP Negeri 3 sirenja. Penelitian ini dilakukan
dengan jenis penelitian pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari Peranan Motivasi
Guru untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas
VIII A SMP Negeri 3 Sirenja pertama motivasi guru memiliki peranan aktif dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa. Penggunaan metode pengajaran yang
bervariasi dan menarik membuat siswa lebih aktif dan mudah memahami materi.
Selain itu, pemahaman konsep yang baik, dukungan dari guru dan orang tua, serta
interaksi positif dengan teman sebaya sangat membantu menciptakan motivasi yang
kuat bagi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian ini juga
memberikan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sirenja menunjukkan
bahwa motivasi guru memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa. Keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, yang
dipengaruhi oleh faktor kognitif, afektif, dan psikomotorik, berkontribusi signifikan
terhadap peningkatan prestasi mereka.
Kata Kunci: Perananan motivasi, prestasi
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | ASTRI WANA |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 00:24 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 00:24 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151897 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

