KEPUASAN PENGUNJUNG DI TAMAN WISATA ALAM WERA DESA BALUMPEWA KECAMATAN DOLO BARAT KABUPATEN SIGI

-, Stenly Adib Carivo Badjalabua (2025) KEPUASAN PENGUNJUNG DI TAMAN WISATA ALAM WERA DESA BALUMPEWA KECAMATAN DOLO BARAT KABUPATEN SIGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

[thumbnail of -] Text (-)
L13118434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)

Abstract

STENLY A. A. C. BADJALABUA – L 131 18 434. Kepuasan Pengunjung di
Taman Wisata Alam Wera Desa Balumpewa Kecamatan Dolo Barat
Kabupaten Sigi.
Kepuasan merupakan perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja
atau hasil yang dirasakannya dengan harapannya (Kotler, 2002). Dalam pembelian
barang dan jasa konsumen juga berhak memberikan atau membandingkan kepuasan
dari kinerja barang atau jasa tersebut. Adapun tempat berwisata juga, pengunjung
berhak memberikan nilai kepuasan dengan tempat wisata tersebut. Kepuasan
pengunjung merupakan situasi yang diberikan perusahaan (tempat wisata) di dalam
usaha memenuhi harapan pengunjung (nilai harapan) dengan kenyataan yang ada
di lapangan. Tujuan untuk mengetahui bagaiman tingkat kepuasan pengunjung di
Taman Wisata Alam Wera Desa Balumpewa Kecamatan Dolo Barat Kabupaten
Sigi.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana tingkat kepuasan
pengunjung dan tujuan masalah untuk mengetahui tongkat kepuasan pengunjung di
Taman Wisata Alam Wera Desa Balumpewa Kecamatan Dolo Barat Kabupaten
Sigi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2025 dan dilakukan
di Taman Wisata Alam Wera Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi Sulawesi
Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif.
Dan untuk sempel digunakan teknik accidental sampling. Untuk menghitung
kepuasan pengunjung digunakan Customer Satisfaction Index (CSI). Terdapat
empat cara dalam menghitung indeks ini yaitu Menentukan total Mean Importance
Score (MIS) dan Mean Satisfaction Score (MSS), membuat skor Weight Factor
(WF), membuat skor Weight Score (WS), dan yang terakhir menentukan Customer
Satisfaction Index (CSI).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan total Mean Importance Score adalah
46,07 dan Mean Satisfaction Score (MSS) mendapat total 44,90. Kemudian
selanjutnya total dari keseluruhan Weight Factor (WF) 100% dan untuk Weight
Score (WS) adalah 351,61. Yang terakhir adalah Customer Satisfaction Index (CSI)
dengan nilai 70,34%. Jadi, nilai kepuasan pengunjung (CSI) dari atribut Taman
Wisata Alam Wera berada dikriteria PUAS karena masuk dalam rentang 60%-80%
yang menunjukkan tingkat kepentingan dan tingkat kinerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Kehutanan > Kehutanan
S Agriculture > Kehutanan
Divisions: Fakultas Kehutanan > Kehutanan
Library of Congress Subject Areas > S Agriculture > Kehutanan
Depositing User: Agustina
Date Deposited: 03 Dec 2025 00:49
Last Modified: 03 Dec 2025 00:49
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151961
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item