ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PANJANG BUSUR DAN LUAS JURING BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

-, Elisabet Linda Mariana Kayan (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PANJANG BUSUR DAN LUAS JURING BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

[thumbnail of -] Text (-)
A23118010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan
soal cerita panjang busur dan luas juring berdasarkan prosedur Newman ditinjau
dari gaya kognitif pada siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Palu. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IX A tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 26
siswa. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan tes GEFT dimana
subjek yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent masing�masing berjumlah satu siswa. Analisis data menggunakan menggunakan prosedur
newman untuk mengidentifikasi jenis kesalahan. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes GEFT, tes tertulis, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian
mengenai Analisis kesalahan siswa kelas IX SMP Negeri 5 Palu dalam
menyelesaikan soal cerita panjang busur dan juring berdasarkan prosedur
Newman ditinjau dari gaya kognitif, menunjukkan bahwa siswa FI dan FD sama�sama tidak melakukan kesalahan dalam tahap membaca dan memahami soal.
Namun, siswa FI cenderung lebih teliti dalam tahap transformasi dan keterampilan
proses, meskipun mengalami kesulitan pada penulisan akhir karena faktor waktu.
Sementara siswa FD mengalami kesalahan dalam transformasi dan keterampilan
proses, terutama dalam memasukkan nilai jari-jari yang tidak tepat kedalam
rumus, serta kesalahan dalam penulisan akhir. Gaya kognitif berpengaruh pada
jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Siswa dengan gaya kognitif field
independent lebih mampu menyelesaikan soal secara mandiri, sementara siswa
dengan gaya kognitif field dependent membutuhkan lebih banyak bimbingan.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Gaya Kognitif, Prosedur Newman

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Agustina
Date Deposited: 03 Dec 2025 06:56
Last Modified: 03 Dec 2025 06:56
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151974
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item