-, MUTMAINA (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DI PUSKESMAS KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MAUTONG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
P10121190.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penilaian pasien terhadap Puskesmas dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang
diberikan. Pada tahun 2024, Puskesmas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong
mencatat 9.821 kunjungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat
kesesuaian antara kinerja dan harapan pasien terhadap kualitas pelayanan dengan
menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Jenis penelitian
adalah kuantitatif dengan analisis deskriptif. Jumlah sampel ditentukan dengan
rumus Slovin sebanyak 99 responden, yang diperoleh melalui teknik accidental
sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan
metode IPA untuk memetakan atribut pelayanan ke dalam empat kuadran. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu atribut yang masuk dalam Kuadran I
(Prioritas Utama), yaitu perhatian perawat terhadap pasien (P8). Hal ini berarti
atribut tersebut memiliki tingkat kepentingan yang tinggi, namun kinerjanya masih
rendah sehingga perlu segera dilakukan perbaikan. Saran penelitian ini adalah agar
pihak Puskesmas meningkatkan kinerja pada atribut yang berada di Kuadran I
sehingga kepuasan pasien terhadap pelayanan dapat meningkat dan masyarakat
dapat memanfaatkan layanan kesehatan secara optimal.
Kata Kunci: kepuasan Pasien, kualitas pelayanan, metode IPA
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat R Medicine > Kesehatan Masyarakat |
| Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat Library of Congress Subject Areas > R Medicine > Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Listiawati |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 06:56 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 06:56 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151983 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

