STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN OLAHRAGA DI KOTA PALU

-, MOH. CHIKAL ANANTA PUTRA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN OLAHRAGA DI KOTA PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

[thumbnail of -] Text (-)
B50119134.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)

Abstract

Moh. Chikal Ananta Putra (B 50119134) Program Ilmu Komunkasi Konsentrasi Public
Relations, Universitas Tadulako. Judul tentang Strategi Komunikasi Dinas Pemuda dan
Olahraga dalam Pelaksanaan Kegiatan Olahraga di Kota Palu. Dibimbing oleh Sumarni
Zainuddin Sebagai Konsultan I dan Roman Rezki Utama Sebagai Konsultan II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi organisasi Dinas
Pemuda dan Olahraga Kota Palu dalam melaksanakan kegiatan pertandingan olahraga dengan
sukses. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan dasar
penelitian studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam,
observasi, dan dokumentasi dengan informan yang telah di pilih melalui teknik purposive
sampling. Analisis data tersendiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Mengenal khalayak yaitu atlet, pelatih dan
wasit yang menjadi bagian dan saling berhubungan antara satu dengan lainnya dalam sebuah
pertandingan, (b) Menyusun pesan seperti membuat aturan yang berlaku dalam pertandingan
dan tidak boleh dilanggar, (c) Menetapkan metode. Metode isi pesan yang digunakan yaitu
berkaitan dengan upaya Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palu menggunakan pendekatan
secara personal ketika menemukan atlet yang bermasalah dalam pertandingan dan pelatihan.
Selanjutnya metode penyusunan pesan yaitu tentang syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi
wasit di lapangan saat pertandingan berlangsung, (d) Seleksi dan penggunaan media. Media
yang digunakan dalam kesuksesan penyelenggaraan olahraga oleh Dinas Pemuda dan Olahraga
yaitu seperti FB, IG dan Youtube. Media ini bisa membantu dalam promosi kegiatan olahraga
dan mampu memberikan informasi yang dibutuhkan berkaitan dengan jadwal pertandingan,
syarat menjadi atlet, wasit dan pelatih serta bisa sebagai alat promosi Dinas Pemuda dan
Olahraga terkait dengan atlet yang berprestasi dan (e) Hambatan dalam komunikasi. Terdapat
hambatan manusiawi yaitu di mana ada kesalahpahaman antara atlet yang maish muda merasa
dibentak oleh pelatih atas pesan yang disampaikan, padahal sebenarnya pesan tersebut
bertujuan untuk memotivasi menjadi lebih baik.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Organisasi, Olahraga Kota Palu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agustina
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:22
Last Modified: 04 Dec 2025 04:22
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152007
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item