-, LIVAN (2025) MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI AGAMA ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI TK HARAPAN MULIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
A41124138.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Livan (2025). “Meningkatkan Pemahaman Nilai-nilai Agama Anak Melalui
Metode Demonstrasi di Kelompok B TK Harapan Mulia Palu”. Hasil, Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1)
Nurhayati, Pembimbing (2) Sita Awalunisah, Penguji Utama Andi Agusniatih.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman nilai-nilai agama
anak melalui metode demonstrasi.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimana metode
demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai agama anak, 2)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai agama anak
melalui metode demonstrasi, 3) Manfaat penelitian ini, Secara keseluruhan,
penelitian ini tidak hanya bertujuan untuk melihat sejauh mana pemahaman nilainilai agama anak melalui metode demonstrasi meningkat, tetapi juga untuk
memberikan kontribusi nyata dalam praktek pendidikan yang lebih baik dan
mendukung perkembangan anak usia dini secara holistik. Rencana Tindakan
yang digunakan adalah Tindakan Kelas yang dimulai dari Perencanaan,
Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi, yang dilakukan 4 kali Tindakan
dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan cara observasi, dokumentasi,
wawancara serta alat yang digunakan adalah lembar observasi anak, selanjutnya
dianalisa secara persentase untuk menarik kesimpulan. Data yang dikumpulkan
saat pra tindakan, aspek berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
kategori Berkembang Sangat Baik 13,33%, Berkembang Sesuai Harapan 6,66%,
Mulai Berkembang 46,66% dan Belum Berkembang 33,33%, aspek menirukan
gerakan berwudhu kategori Berkembang Sangat Baik 6,66%, Berkembang
Sesuai Harapan 13,33%, Mulai Berkembang 46,66% dan Belum Berkembang
33,33%, aspek menirukan gerakan shalat kategori Berkembang Sangat Baik
13,33%, Berkembang Sesuai Harapan 6,66%, Mulai Berkembang 33,33% dan
Belum Berkembang 46,66%. Setelah dilakukan Tindakan, maka hasil penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan
pemahaman nilai-nilai agama anak, terbukti adanya peningkatan dari siklus I ke
siklus II.
Kata kunci: Pemahaman Nilai-nilai Agama anak, Metode Demonstrasi
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini L Pendidikan > LB2361 Curriculum |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Agustina |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 04:22 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 04:22 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152009 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

