PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN LAPAK KECE DI KOTA PALU

-, Herianti (2025) PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN LAPAK KECE DI KOTA PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

[thumbnail of -] Text (-)
C20022017 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of C20022017 .pdf] Text
C20022017 .pdf

Download (11MB)

Abstract

Herianti C20022017, Peran Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan
Volume Penjualan Lapak Kece Di Kota Palu. Dibimbing oleh Syamsul Bahri
Dg. Parani, (sebagai pembimbing I) dan Farid (sebagai pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial Instagram
dalam meningkatkan volume penjualan Lapak Kece di Kota Palu. Lapak
Kece merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang penjualan
produk fashion dan aksesoris kekinian dengan memanfaatkan Instagram
sebagai media utama promosi dan pemasaran. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel penelitian
terdiri dari 30 responden yang merupakan konsumen aktif Lapak Kece.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram berperan penting dalam
strategi pemasaran Lapak Kece melalui fitur-fitur seperti story, reels, dan
feed yang mampu menjangkau audiens luas dan meningkatkan interaksi
dengan konsumen. Konten yang relevan dan promosi yang menarik
berhasil meningkatkan minat beli dan volume penjualan. Meskipun
demikian, konsistensi dalam melakukan promosi perlu ditingkatkan. Data
penjualan juga menunjukkan peningkatan omzet yang signifikan setelah
penggunaan Instagram sebagai media pemasaran. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa pemanfaatan Instagram secara optimal dapat
menjadi strategi efektif dalam mengembangkan bisnis UMKM di era digital.
Kata kunci : Media Sosial, Instagram, Volume Penjualan, Lapak Kece

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen
H Ilmu Sosial > Ekonomi Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Agustina
Date Deposited: 08 Dec 2025 01:00
Last Modified: 08 Dec 2025 01:00
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152039
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item