UPAYA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BALAESANG TANJUNG KAB. DONGGALAUPAYA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BALAESANG TANJUNG KAB. DONGGALAUPAYA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BALAESANG TANJUNG KAB. DONGGALAUPAYA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BALAESANG TANJUNG KAB. DONGGALAUPAYA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BALAESANG TANJUNG KAB. DONGGALA

-, Darni (2025) UPAYA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BALAESANG TANJUNG KAB. DONGGALAUPAYA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BALAESANG TANJUNG KAB. DONGGALAUPAYA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BALAESANG TANJUNG KAB. DONGGALAUPAYA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BALAESANG TANJUNG KAB. DONGGALAUPAYA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BALAESANG TANJUNG KAB. DONGGALA. Sarjana thesis, universitas tadulako.

[thumbnail of -] Text (-)
a32118068.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Darni ( 2025), Upaya sekolah dalam penerapan karakter peduli lingkungan pada
peserta didik di SMP Negeri 1 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala. Skripsi,
program studi pendidika pancasila dan kewarganegaraan, jurusan pendidikan ilmu
pengetahuan sosial, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan,Universitas Tadulako.
Pembimbing Sukmawati.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) upaya sekolah dalam
menerapkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik serta mengidentifikasi
(2) faktor pendukung dan penghambat upaya sekolah dalam menerapkan karakter
peduli lingkungan pada peserta didik di SMP Negeri 1 Balaesang Tanjung
Kabupaten Donggala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritip
dengan subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah,guru PPKn,guru seni
budaya,staf sekolah dan peserta didik. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri
1 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa upaya sekolah sangat penting dalam menerapkan
karakter peduli lingkungan dengan melalui tiga indikator utama yaitu kegiatan rutin
sekolah, upacara bendera dilaksanakan setiap hari senin, apel pagi, kegiatan belajar
mengajar, piket kelas peserta didik secara bergiliran bertugas membersihkan kelas
setiap hari. kegiatan spontan, memungut sampah saat melihat sampah berserakan
,langsung memungut dan membuang ke tempat sampah, menyiram tanaman setiap
pagi, membersihkan kelas tanpa disuruh, menegur teman yang membuang sampah
sembarangan, mengumpulkan sampah plastik untuk di daur ulang. dan keteladanan,
disiplin waktu, berpakaian rapih dan sopan, bersikap ramah dan sopan, rajin dan
tanggung jawab, dan peduli lingkungan. Faktor penghambat Masih kurangnya
kesadaran peserta didik pada kebersihan lingkungan sekolah, keteladanan yang
kungan konsisten, kurangnya kegiatan lingkungan yang menarik. Faktor
pendukung, keteladanan dari guru dan staf sekolah, adanya program sekolah
berbasis lingkungan.sarana dan prasarana tersedianya tempat sampah terpilah,
taman sekolah, kebun kecil,dan fasilitas cuci tangan.
Kata Kunci: Upaya sekolah, karakter, peduli lingkungan.ABSTRAK
Darni ( 2025), Upaya sekolah dalam penerapan karakter peduli lingkungan pada
peserta didik di SMP Negeri 1 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala. Skripsi,
program studi pendidika pancasila dan kewarganegaraan, jurusan pendidikan ilmu
pengetahuan sosial, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan,Universitas Tadulako.
Pembimbing Sukmawati.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) upaya sekolah dalam
menerapkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik serta mengidentifikasi
(2) faktor pendukung dan penghambat upaya sekolah dalam menerapkan karakter
peduli lingkungan pada peserta didik di SMP Negeri 1 Balaesang Tanjung
Kabupaten Donggala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritip
dengan subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah,guru PPKn,guru seni
budaya,staf sekolah dan peserta didik. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri
1 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa upaya sekolah sangat penting dalam menerapkan
karakter peduli lingkungan dengan melalui tiga indikator utama yaitu kegiatan rutin
sekolah, upacara bendera dilaksanakan setiap hari senin, apel pagi, kegiatan belajar
mengajar, piket kelas peserta didik secara bergiliran bertugas membersihkan kelas
setiap hari. kegiatan spontan, memungut sampah saat melihat sampah berserakan
,langsung memungut dan membuang ke tempat sampah, menyiram tanaman setiap
pagi, membersihkan kelas tanpa disuruh, menegur teman yang membuang sampah
sembarangan, mengumpulkan sampah plastik untuk di daur ulang. dan keteladanan,
disiplin waktu, berpakaian rapih dan sopan, bersikap ramah dan sopan, rajin dan
tanggung jawab, dan peduli lingkungan. Faktor penghambat Masih kurangnya
kesadaran peserta didik pada kebersihan lingkungan sekolah, keteladanan yang
kungan konsisten, kurangnya kegiatan lingkungan yang menarik. Faktor
pendukung, keteladanan dari guru dan staf sekolah, adanya program sekolah
berbasis lingkungan.sarana dan prasarana tersedianya tempat sampah terpilah,
taman sekolah, kebun kecil,dan fasilitas cuci tangan.
Kata Kunci: Upaya sekolah, karakter, peduli lingkungan.ABSTRAK
Darni ( 2025), Upaya sekolah dalam penerapan karakter peduli lingkungan pada
peserta didik di SMP Negeri 1 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala. Skripsi,
program studi pendidika pancasila dan kewarganegaraan, jurusan pendidikan ilmu
pengetahuan sosial, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan,Universitas Tadulako.
Pembimbing Sukmawati.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) upaya sekolah dalam
menerapkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik serta mengidentifikasi
(2) faktor pendukung dan penghambat upaya sekolah dalam menerapkan karakter
peduli lingkungan pada peserta didik di SMP Negeri 1 Balaesang Tanjung
Kabupaten Donggala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritip
dengan subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah,guru PPKn,guru seni
budaya,staf sekolah dan peserta didik. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri
1 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa upaya sekolah sangat penting dalam menerapkan
karakter peduli lingkungan dengan melalui tiga indikator utama yaitu kegiatan rutin
sekolah, upacara bendera dilaksanakan setiap hari senin, apel pagi, kegiatan belajar
mengajar, piket kelas peserta didik secara bergiliran bertugas membersihkan kelas
setiap hari. kegiatan spontan, memungut sampah saat melihat sampah berserakan
,langsung memungut dan membuang ke tempat sampah, menyiram tanaman setiap
pagi, membersihkan kelas tanpa disuruh, menegur teman yang membuang sampah
sembarangan, mengumpulkan sampah plastik untuk di daur ulang. dan keteladanan,
disiplin waktu, berpakaian rapih dan sopan, bersikap ramah dan sopan, rajin dan
tanggung jawab, dan peduli lingkungan. Faktor penghambat Masih kurangnya
kesadaran peserta didik pada kebersihan lingkungan sekolah, keteladanan yang
kungan konsisten, kurangnya kegiatan lingkungan yang menarik. Faktor
pendukung, keteladanan dari guru dan staf sekolah, adanya program sekolah
berbasis lingkungan.sarana dan prasarana tersedianya tempat sampah terpilah,
taman sekolah, kebun kecil,dan fasilitas cuci tangan.
Kata Kunci: Upaya sekolah, karakter, peduli lingkungan.ABSTRAK
Darni ( 2025), Upaya sekolah dalam penerapan karakter peduli lingkungan pada
peserta didik di SMP Negeri 1 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala. Skripsi,
program studi pendidika pancasila dan kewarganegaraan, jurusan pendidikan ilmu
pengetahuan sosial, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan,Universitas Tadulako.
Pembimbing Sukmawati.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) upaya sekolah dalam
menerapkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik serta mengidentifikasi
(2) faktor pendukung dan penghambat upaya sekolah dalam menerapkan karakter
peduli lingkungan pada peserta didik di SMP Negeri 1 Balaesang Tanjung
Kabupaten Donggala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritip
dengan subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah,guru PPKn,guru seni
budaya,staf sekolah dan peserta didik. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri
1 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa upaya sekolah sangat penting dalam menerapkan
karakter peduli lingkungan dengan melalui tiga indikator utama yaitu kegiatan rutin
sekolah, upacara bendera dilaksanakan setiap hari senin, apel pagi, kegiatan belajar
mengajar, piket kelas peserta didik secara bergiliran bertugas membersihkan kelas
setiap hari. kegiatan spontan, memungut sampah saat melihat sampah berserakan
,langsung memungut dan membuang ke tempat sampah, menyiram tanaman setiap
pagi, membersihkan kelas tanpa disuruh, menegur teman yang membuang sampah
sembarangan, mengumpulkan sampah plastik untuk di daur ulang. dan keteladanan,
disiplin waktu, berpakaian rapih dan sopan, bersikap ramah dan sopan, rajin dan
tanggung jawab, dan peduli lingkungan. Faktor penghambat Masih kurangnya
kesadaran peserta didik pada kebersihan lingkungan sekolah, keteladanan yang
kungan konsisten, kurangnya kegiatan lingkungan yang menarik. Faktor
pendukung, keteladanan dari guru dan staf sekolah, adanya program sekolah
berbasis lingkungan.sarana dan prasarana tersedianya tempat sampah terpilah,
taman sekolah, kebun kecil,dan fasilitas cuci tangan.
Kata Kunci: Upaya sekolah, karakter, peduli lingkungan.ABSTRAK
Darni ( 2025), Upaya sekolah dalam penerapan karakter peduli lingkungan pada
peserta didik di SMP Negeri 1 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala. Skripsi,
program studi pendidika pancasila dan kewarganegaraan, jurusan pendidikan ilmu
pengetahuan sosial, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan,Universitas Tadulako.
Pembimbing Sukmawati.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) upaya sekolah dalam
menerapkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik serta mengidentifikasi
(2) faktor pendukung dan penghambat upaya sekolah dalam menerapkan karakter
peduli lingkungan pada peserta didik di SMP Negeri 1 Balaesang Tanjung
Kabupaten Donggala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritip
dengan subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah,guru PPKn,guru seni
budaya,staf sekolah dan peserta didik. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri
1 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa upaya sekolah sangat penting dalam menerapkan
karakter peduli lingkungan dengan melalui tiga indikator utama yaitu kegiatan rutin
sekolah, upacara bendera dilaksanakan setiap hari senin, apel pagi, kegiatan belajar
mengajar, piket kelas peserta didik secara bergiliran bertugas membersihkan kelas
setiap hari. kegiatan spontan, memungut sampah saat melihat sampah berserakan
,langsung memungut dan membuang ke tempat sampah, menyiram tanaman setiap
pagi, membersihkan kelas tanpa disuruh, menegur teman yang membuang sampah
sembarangan, mengumpulkan sampah plastik untuk di daur ulang. dan keteladanan,
disiplin waktu, berpakaian rapih dan sopan, bersikap ramah dan sopan, rajin dan
tanggung jawab, dan peduli lingkungan. Faktor penghambat Masih kurangnya
kesadaran peserta didik pada kebersihan lingkungan sekolah, keteladanan yang
kungan konsisten, kurangnya kegiatan lingkungan yang menarik. Faktor
pendukung, keteladanan dari guru dan staf sekolah, adanya program sekolah
berbasis lingkungan.sarana dan prasarana tersedianya tempat sampah terpilah,
taman sekolah, kebun kecil,dan fasilitas cuci tangan.
Kata Kunci: Upaya sekolah, karakter, peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Depositing User: Listiawati
Date Deposited: 08 Dec 2025 01:01
Last Modified: 08 Dec 2025 01:01
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152055
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item