PERSPEKTIF HUKUM PELAYANAN PUBLIK DALAМ PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKАТ PADA KEJAKSAAN TINGGI SULAWESI TENGAH

-, Amel Triasi Kadini (2025) PERSPEKTIF HUKUM PELAYANAN PUBLIK DALAМ PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKАТ PADA KEJAKSAAN TINGGI SULAWESI TENGAH. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

[thumbnail of -] Text (-)
D10121266.pdf

Download (37MB)
[thumbnail of D10121266 (2).pdf] Text
D10121266 (2).pdf

Download (32MB)

Abstract

Penanganan pengaduan pelayanan publik oleh Kejaksaan pada prinsipnya
dilaksanakan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhan atau
permasalahan hukum yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi
mengenai bagaimana Kejaksaan menangani pengaduan masyarakat, mulai dari hal
prosedural, kecepatan, ketepatan, dan efektivitas tindak lanjut pengaduan tersebut serta
mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pelayanan
publik di Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan Peraturan Perundang –
Undangan dan Pendekatan Konseptual. Hasil penelitian menunjukan bahwa
Pelaksanaan pelayanan publik di Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah (Kejati Sulteng)
berpedoman pada Peraturan Jaksa Agung Nomor PER-011/A/JA/06/2013 dan
Pedoman Nomor 7 Tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Publik di lingkungan
Kejaksaan Republik Indonesia. Sebagai upaya peningkatan kualitas layanan, Kejati
Sulteng mengembangkan inovasi berbasis digital, salah satunya melalui Sistem
Layanan Informasi Surat (SILAT) yang memudahkan akses informasi bagi
masyarakat. Selanjutnya, untuk mendukung pelaksanaan layanan yang optimal,
pelatihan pegawai dilaksanakan secara berkala sesuai kebutuhan masing-masing
bidang, baik dalam bentuk diklat, workshop, maupun pemaparan daring. Di sisi lain,
pengawasan dilakukan melalui monitoring dan evaluasi internal oleh setiap bidang,
serta pengawasan berkala oleh Bidang Pengawasan Kejati Sulteng. Keterlibatan
masyarakat juga didorong melalui aplikasi Survei Kepuasan Masyarakat, sebagai
sarana untuk menyampaikan penilaian dan masukan. Dengan pendekatan yang
menyeluruh ini, Kejati Sulteng diharapkan mampu terus memperkuat kepercayaan
publik dan menjawab tuntutan masyarakat terhadap pelayanan hukum yang adil, cepat,
dan berintegritas.
Kata Kunci : Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah, Pelayanan Publik,
Penanganan Pengaduan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Library of Congress Subject Areas > Ilmu Hukum
Depositing User: Agustina
Date Deposited: 08 Dec 2025 06:37
Last Modified: 08 Dec 2025 06:37
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152079
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item