-, Nur Alia (2025) PERSEPSI NETIZEN PADA KONTEN DIGITAL TENTANG ENERGI FEMININ DI AKUN TIKTOK SHASA ZHANIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
B50121206_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstract
Nur Alia (B501 21 206) “Persepsi Netizen pada Konten Digital tentang Energi
Feminin di Akun TikTok Shasa Zhania” Program Studi Ilmu Komunikasi
Konsentrasi Public Relations Universitas Tadulako. Dibimbing Oleh Febri
Herawati Sebagai Konsultan I Dan Donal Adrian Sebagai Konsultan II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi netizen pada konten
digital tentang energi feminin yang ditampilkan di akun TikTok Shasa Zhania.
Energi feminin dipahami sebagai sifat reseptif, intiutif, dan inner-focused yang
melekat pada perempuan serta diekspresikan melalui kelembutan dan empati.
Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Pengumpulan
data dilakukan melalui wawancara, observasi konten, dan dokumentasi. Informan
terdiri dari lima netizen yang dipilih dengan teknik porposive sampling. Fokus
penelitian diarahkan pada persepsi netizen tentang energi feminin yang ditampilkan
dalam konten digital, dengan melibatkan faktor personal persepsi menurut
Jalaluddin Rahmat, yaitu pengalaman, motivasi, dan kepribadian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa energi feminin dalam konten Shasa
Zhania dipersepsikan berdasarkan tiga faktor personal: (a) pengalaman netizen
berupa pengalaman pribadi terkait perawatan diri, dinamika hubungan, dan pola
konsumsi konten yang konsisten memaknai energi feminin dalam konten Shasa
sebagai bentuk penerimaan diri dan keseimbangan hidup, energi feminin juga
dinilai menjadi ekspresi identitas diri yang otentik; (b) motivasi netizen dengan
kebutuhan akan ruang nyaman dan inspiratif serta keinginan untuk
menyeimbangkan karakter memaknai energi feminin sebagai gaya hidup berbasis
harmoni dan kecerdasan emosional; (c) kepribadian netizen yang lebih reflektif
menekankan aspek kehangatan relasional dan empati dalam energi feminin,
sementara netizen yang lebih aktif menyoroti aspek konsistensi visual dan estetika
konten yang menarik. Secara keseluruhan, energi feminin dipersepsikan melalui
tampilan pada konten Shasa Zhania, yaitu konsistensi busana dengan warna netral,
rapi, dan elegan diinterpretasikan sebagai perempuan feminin yang peduli tentang
penampilan. Konten rutinitas perawatan diri dan aktivitas harian dengan
menampilkan produktivitas, karir, dan kegiatan liburan dinilai sebagai self-love dan
keseimbangan hidup. Interaksi pada hubungan personal yang hangat, sikap tenang
dan sabar dianggap sebagai tampilan sikap lemah lembut, penuh perhatian serta
kontrol emosional yang baik.
Kata Kunci: Persepsi, Konten Digital, Energi Feminin, TikTok, Netizen
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Listiawati |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 07:25 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 07:25 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152086 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

