MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI KELAS V SD INPRES 3 TONDO

-, SELPIANTI (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI KELAS V SD INPRES 3 TONDO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

[thumbnail of -] Text (-)
A40120128.pdf

Download (7MB)

Abstract

Selpianti, 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas
Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Kelas v Sd Inpres 3 Tondo”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Zulnuraini.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman mengunakan model
inkuiri pada proses pembelajaran Pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri dapat
diimplementasikan di semua tingkat pendidikan, baik di rumah atau di ruang
kelas. juga mudah disesuaikan untuk semua kelompok umur dan untuk semua
jenis pelajar, Model pembelajaran inkuiri memberdayakan siswa untuk aktif
terlibat dalam proses pembelajaran, bukan hanya menerima informasi secara pasif.
Melalui tahapan-tahapan inkuiri seperti observasi, merumuskan pertanyaan,
merancang dan melakukan penyelidikan, menganalisis data, serta menarik
kesimpulan, siswa mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam dan
bermakna tentang konsep- konsep IPAS. Proses aktif ini mendorong siswa untuk
berpikir kritis, memecahkan masalah, dan membangun pengetahuan mereka
sendiri berdasarkan pengalaman langsung. Penelitian ini menggunakan metode
PTK yang terdiri atas. Media dimplementasikan pada kelas V di SDN Inpres 3
Tondo dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang.
Kata Kunci : Inkuiri, Meningkatkan hasil belajar, PTK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Listiawati
Date Deposited: 10 Dec 2025 06:26
Last Modified: 10 Dec 2025 06:26
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152129
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item