PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALU PADA MATERI BENTUK AKAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

-, Paulina (2025) PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALU PADA MATERI BENTUK AKAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

[thumbnail of -] Text (-)
a23118020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Paulina, 2025. “Profil Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu Pada
Materi Bentuk Akar Ditinjau Dari Gaya Belajar” Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Ilmu Keguruan Dan Pendidikan.
Universitas Tadulako. Pembimbing, Alfisyahra, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah siswa kelas X
SMA Negeri 4 Palu pada materi bentuk akar ditinjau dari gaya belajar. Subjek dalam
penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas X C tahun ajaran 2024/2025. Subjek
dalam penelitian ini diambil berdasarkan gaya belajar siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket gaya belajar, tes tertulis, dan wawancara. Berdasarkan
hasil penelitian mengenai profil pemecahan masalah siswa kelas X SMA Negeri 4
Palu pada materi bentuk akar ditinjau dari gaya belajar, menunjukkan bahwa subjek
bergaya belajar visual memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah,
melaksanakan rencana pemecahan masalah namun kurang teliti sehingga terjadi
kesalahan pada hasil akhirnya. Subjek bergaya belajar auditorial mampu memahami
masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan
masalah namun subjek tidak menyelesaian masalah. Subjek bergaya belajar
kinestetik mampu memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah,
melaksanakan rencana pemecahan masalah namun tidak memersa kembali jawaban
yang ada .Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya
belajar visual, auditorial dan kinestetik mampu memhami masalah, merencanakan
masalah dan melaksanakan perencaaan masalah. Namun terdapat kekeliruan saat
menuliskan jawaban akhir dan siswa cenderung tidak memeriksa kembali jawabn
yang telah didapatkan setelah melakukan pemecahan masalah.
Kata Kunci: Profil, Pemecahan Masalah, Bentuk Akar, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Agustina
Date Deposited: 11 Dec 2025 05:53
Last Modified: 11 Dec 2025 05:53
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152179
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item