Penggunaan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Kelas IX A Di SMP Negeri 1 Balaesang

-, AZZNI AULIA (2025) Penggunaan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Kelas IX A Di SMP Negeri 1 Balaesang. -.

[thumbnail of -] Text (-)
A22121071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajarab Biologi melalui penggunaan media video animasi dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IX A di SMP Negeri 1 Balaesang. Metode yang digunakan adalah Penelitian ini adalah desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi guru, dan observasi siswa. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan posttest. Penelitian dilakukan pada Juli 2025. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi pada mata Pelajaran IPA terbukti signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditujukan dengan hasil analisis data yang telah dilakukan pada penerapan siklus Iyang menunjukan tingkat hasil belajar siswa ketuntasan belajar mencapai 67%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 100%. Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media animasi sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa media video animasi efektif dalam membantu pemahaman materi IPA dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar.

Item Type: Article
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Agustina
Date Deposited: 11 Dec 2025 07:04
Last Modified: 11 Dec 2025 07:04
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152186
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item