MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT TALI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV DI SD INPRES 1 BESUSU

-, Farida (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT TALI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV DI SD INPRES 1 BESUSU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

[thumbnail of -] Text (-)
A42124236.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Farida, 2025 Meningkatkan Kemampuan Lompat Tali Dengan Menggunakan
Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV di SD Inpres 1 Besusu. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Humaedi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan lompat
tali siswa kelas IV SD Inpres 1 Besusu melalui penerapan metode demonstrasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 17 siswa kelas
IV yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen
penelitian berupa lembar observasi dan tes keterampilan lompat tali. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan lompat tali siswa
pada setiap siklus. Pada pra-siklus, hanya 11,76% siswa yang mencapai
kategori baik, sementara sebagian besar (64,70%) berada pada kategori kurang.
Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, jumlah siswa kategori baik meningkat
menjadi 17,64%, kategori cukup 47,05%, dan kategori kurang menurun
menjadi 35,29%. Pada siklus II, peningkatan sangat signifikan, dengan 76,47%
siswa berada pada kategori baik, 17,64% pada kategori cukup, dan hanya
5,88% yang masih berada pada kategori kurang. Dengan demikian, indikator
keberhasilan penelitian, yaitu ≥75% siswa mencapai kategori baik, berhasil
tercapai pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode demonstrasi terbukti efektif dalam meningkatkan
kemampuan lompat tali siswa kelas IV SD Inpres 1 Besusu. Penelitian ini
merekomendasikan agar guru pendidikan jasmani lebih memanfaatkan metode
demonstrasi dalam pembelajaran keterampilan motorik dasar, karena mampu
memberikan pengalaman belajar yang konkret, meningkatkan koordinasi
gerak, serta membangun kepercayaan diri siswa.
Kata Kunci: Lompat tali, metode demonstrasi, penelitian tindakan kelas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
L Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Listiawati
Date Deposited: 11 Dec 2025 07:04
Last Modified: 11 Dec 2025 07:04
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152190
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item