EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PERMAINAN DUA KEBENARAN DAN SATU KEBOHONGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI SMP LAB SCHOOL UNTAD PALU

-, Fauziah Rismauliani (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PERMAINAN DUA KEBENARAN DAN SATU KEBOHONGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI SMP LAB SCHOOL UNTAD PALU. -.

[thumbnail of -] Text (-)
A12121098.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fauziah Rismauliani (A12121098). “EFEKTIFITAS PENGGUNAAN
PERMAINAN DUA KEBENARAN DAN SATU KEBOHONGAN DALAM
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI SMP
LABSCHOOL UNTAD PALU” Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa
Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Aminah, S.Pd.,
M.Pd., M.Ed dan Mashuri, S.Pd., M.A.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas penggunaan permainan
“Two Truths and A Lie” dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas
VII di SMP Labschool Untad Palu. Penelitian ini didorong oleh tantangan yang
terus-menerus dihadapi siswa, termasuk motivasi yang rendah dan kecemasan
berbicara, yang sering diperparah oleh metode pengajaran yang tidak interaktif.
Dengan menggunakan desain quasi-eksperimental yang melibatkan kelompok
kontrol dengan pre-test dan post-test, penelitian ini melibatkan sampel sebanyak
45 siswa. Analisis data menggunakan SPSS menunjukkan bahwa skor pasca-tes
kelompok eksperimen mengikuti distribusi normal, sehingga penggunaan uji
parametrik dibenarkan. Skor rata-rata menunjukkan peningkatan yang signifikan
pada kelompok eksperimen, naik dari 9,09 menjadi 15,95, jauh lebih tinggi
daripada peningkatan kelompok kontrol (dari 10,40 menjadi 14,45). Perbedaan ini
dikonfirmasi sebagai signifikan secara statistik oleh uji t sampel berpasangan,
mendukung hipotesis. Temuan ini secara definitif membuktikan bahwa permainan
“Two Truths and A Lie” sangat efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri
siswa, memperbaiki kelancaran berbicara, dan melatih keterampilan berpikir
kritis, memberikan wawasan empiris tentang nilai adaptasi metode pengajaran
yang menyenangkan dan interaktif.
Kata kunci: Interaksi Kelas, Pembelajaran Berbasis Permainan, QuasiEksperimental, Kemampuan Berbicara, Two Truths and A Lie.

Item Type: Article
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Listiawati
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:12
Last Modified: 15 Dec 2025 02:12
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152219
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item