PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD INPRES 2 TALISE

-, DIAN RAHMAWATI AMTARIS (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD INPRES 2 TALISE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

[thumbnail of -] Text (-)
A40121301.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dian Rahmawati Amtaris, 2025. Judul skripsi: Pengaruh Model Problem Based
Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas V SD Inpres 2 Talise. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tadulako. Pembimbing I Dr. Herlina, S.Pd.M.Pd, dan Pembimbing II
Sisriawan Lapasere, S.Pd.M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem
Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar
IPAS siswa kelas V SD Inpres 2 Talise. Penelitian ini menggunakan metode kuasi
eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas V SD Inpres 2 Talise, dengan jumlah sampel sebanyak 20
siswa yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan
data yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa.
Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar
siswa setelah penerapan model PBL berbantuan video pembelajaran. Hasil pretest
menunjukkan nilai rata-rata 38,40, sementara nilai posttest meningkat menjadi
81,65, dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 (<0,05). Hasil ini menunjukkan
bahwa penggunaan model PBL berbantuan video pembelajaran memberikan
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa. Dengan
demikian, model PBL berbantuan video pembelajaran dapat dijadikan sebagai
salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa
di sekolah dasar.
Kata kunci: Problem Based Learning, Video Pembelajaran, Hasil Belajar,
IPAS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Agustina
Date Deposited: 15 Dec 2025 07:52
Last Modified: 15 Dec 2025 07:52
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152299
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item