PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HYPERCONTENT PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPS SD DI PROGRAM STUDI PGSD UNIVERSITAS TADULAKO

-, Avi Frianto Madokala (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HYPERCONTENT PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPS SD DI PROGRAM STUDI PGSD UNIVERSITAS TADULAKO. Magister thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

[thumbnail of -] Text (-)
A 322 20 004.pdf

Download (5MB)

Abstract

Avi Frianto Madokala. 2019. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar
Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres 4 Taipa Ginggiri. Hasil,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Arif
Firmansyah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Animasi Terhadap
Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres 4 Taipa Ginggiri.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan
eksperimen dengan menggunakan dua kelompo yaitu kelompok kelas eksperimen
dan kelompok dan kelompok kelas control. Desain yang digunakan dalam
penelitian ini adalah desain “Nonequivalent Control Group Design”. Subyek
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 4 Taipa Ginggiri
dengan jumlah total 47 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA dan
kelas IVB. Dimana kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai
kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar IPS dalam
bentuk pilihan ganda. Hasil pengolahan data kelas eksperimen diperoleh skor ratarata
pretest
sebesar
44,91
dengan
standar
deviasi
11,50
dan
skor
rata-rata
posstest

sebesar

79,83 dengan standar deviasi 12,8. Sedangkan kelas kontrol diperoleh
skor rata-rata pretest sebesar 42,28 dengan standar deviasi 11,96 dan skor rata-rata
posttest sebesar 70,58 dengan standar deviasi 14,37. Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis diperoleh nilai thitung adalah 2,41 dan nilai ttabel adalah 1,67 dengan
jumlah sampel 47 siswa. Kedua nilai tersebut diketahui bahwa nilai thitung > nilai
ttabel pada taraf nyata α = 0,05 dan derajat kebebasan = 45. Dengan demikian
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar
Siswa pada Pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres 4 Taipa Ginggiri.

Kata Kunci : Media Animasi, Hasil Belajar IPS.

Item Type: Thesis (Magister)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Pascasarjana > Magister Pendidikan IPS
L Pendidikan > Magister Pendidikan IPS
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan IPS
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Magister Pendidikan IPS
Depositing User: Agustina
Date Deposited: 16 Dec 2025 03:26
Last Modified: 16 Dec 2025 03:27
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152319
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item