MOHAMMAD FADLY (2021) Implementasi Kebijakan Retribusi Pasar Tradisional Lasoani Kota Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Mohammad Fadly, B 101 14 016, Implementasi Kebijakan Retribusi Pasar 
Tradisional Lasoani Kota Palu. Dibimbing oleh Ibu Intam Kurnia sebagai 
pembimbing utama.
Dalam penelitian ini beberapa permasalahan yang menyebabkan belum 
berjalan maksimalnya Implementasi Kebijakan Retribusi Pasar Tradisional Lasoani 
Kota Palu yakni masih kurangnya fasilitas pendukung dalam menunjang tujuan 
kebijakan retribusi pasar, pemungutan tarif retribusi yang belum sesuai dengan luas 
tempat yang digunakan, serta masalah sanitasi limgkungan. Penelitian ini bertujuan 
untuk mengetahui Implementasi Kebijakan retribusi Pasar Tradisional Lasoani 
Kota Palu. Dasar penelitian ini menggunakan dasar penelitian kualitatif dengan 
tipe penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan 
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini 
berupa data sekunder dan data primer. Penetapan informan dalam penelitian ini 
menggunakan purposive dengan menetapkan 6 orang informan yang dianggap 
mampu dan mengetahui permasalahan kebijakan retribusi Pasar Tradisional 
Lasoani Kota Palu. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, 
dan penarikan kesimpulan. Adapun teori yang digunakan yaitu menurut George C. 
Edward III yakni komunikasi, sumberdaya, disposisi/sikap, dan struktur birokrasi.
Hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kebijakan 
Retribusi Pasar Tradisional Lasoani Kota Palu sudah berjalan, namun belum begitu 
baik karena masih ada beberapa kendala jika ditinjau dari 4 aspek yang 
dikemukakan oleh George C. Edward III. Pada aspek komunikasi sudah mampu 
berjalan dengan baik berdasarkan komunikasi yang dilakukan pengelola pasar 
dengan pedagang tentang bagaimana kebijakan retribusi ini dijalankan di pasar 
Tradisional Lasoani Kota Palu agar tujuan kebijakan ini dapat diterapkan sesuai 
peraturan yang berlaku. Pada aspek sumberdaya belum berjalan dengan optimal 
karena fasilitas pendukung yang sudah ada seperti pengeras suara (toa), tempat cuci 
tangan umum, dan juga peralatan kebersihan sementara ini belum memadai untuk 
mencapai keberhasilan kebijakan tersebut. Selanjutnya contoh sarana dan prasarana 
yang masih perlu diperhatikan dari pemerintah melalui Dinas Perdagangan dan 
Perindustrian Kota Palu adalah bangunan kantor yang begitu sempit dan belum ada 
renovasi bangunan. Juga belum adanya peralatan yang dapat menunjang tugas 
administrasi seperti komputer, printer dan lemari. Sehingga Dinas Terkait bisa 
segera membantu seluruh komponen dalam mensukseskan kebijakan ini. Pada 
aspek disposisi adalah sikap pelaksana kebijakan yang sudah sesuai ketika 
menjalankan tugasnya, seperti menarik retribusi dari para pedagang. Pada aspek 
struktur birokrasi, pihak pasar dapat melakukan kebijakan retribusi sesuai dengan 
S.O.P yang ada, sehingga dalam penilainya mekanisme dapat dikatakan sudah 
berjalan baik.
Kata Kunci : Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, Struktur Birokrasi
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/113971 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

