FITRIANI (2022) INOVASI PELAYANAN E-KTP DI ERA NEW NORMAL PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MOROWALI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Fitriani, Stambuk B10118008, dengan judul skripsi ?Inovasi pelayanan E-KTP di Era New Normal Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Morowali?. Dibimbing oleh Ibu Intam Kurnia sebagai Pembimbing I dan Bapak Nastainuddin Bolong sebagai pembimbing II .
Pandemi Covid-19 menyebabkan keterbatasan masyarakat dalam melakukan aktivitas. Salah satunya yang berdampak yaitu pada sektor pelayanan publik melalui Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Morowali menghadirkan tiga inovasi yaitu : pelayanan Online melalui aplikasi whatsapp, Jemput Bola Perekaman e-KTP dan Delivery Pelanduk. Adapun Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan inovasi pelayanan e-KTP diera new normal pada kantor Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Morowali
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teori Rogers dalam Suwarno (2008) yaitu Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compability (Kesesuaian), Complexity (kerumitan), Triability (kemungkinan dicoba), dan Observability (Kemudahan diamati). Adapun Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan Dokumentasi untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Jumlah informan dalam penelitian adalah 7 (tujuh) orang.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi pelayanan e-ktp diera New Normal pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Morowali belum berjalan dengan baik. Dari aspek Relative Advantage (Keuntungan Relatif) dalam hal ini masih lambatnya respon admin khusunya pelayanan online, Complexity (kerumitan) masih terdapat kendala bagi masyarakat yang belum memiliki gadget yang memungkinkan serta tidak paham dalam menggunakan teknologi informasi, kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan keterbatasan jaringan, Triability (Kemungkinan dicoba) masih kurangnya sosialisasi dimasyarakat mengenai inovasi yang dilaksanakan sehingga sebagian masyarakat belum mengetahui inovasi yang diselenggerakan.
Kata Kunci: Inovasi , Pelayanan e-ktp, New Normal
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/114657 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |