KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TK MELATI TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU

NUR ARIANTY (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TK MELATI TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nur Arianty Stambuk B10119068, ”Kepemimpinan Kepala Sekolah TK
Melati Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu”. Dibimbing oleh Daswati
selaku pembimbing I dan Muh. Rapi selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan
Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak Melati Tondo kecamatan Mantikulore Kota
Palu. Dasar penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian
deskriptif. Dengan jumlah informan 7 orang untuk keperluan penelitian.
Pengumpulan data dilakukan melalui informan disertai dengan cara observasi,
wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian yang diambil peneliti bertempat di
Sekolah TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Penelitian ini
peneliti menggunakan teori Siagian (1989 : 20) yang membahas 3 aspek yaitu
Pembinaan, Motivasi Kerja, dan Pelaksaan Pengawasan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa Kepala TK Melati Tondo memimpin sekolah dengan baik
melalui pembinaan, pemberian motivasi, serta melakukan pengawasan.
Untuk mengefektifkan Kepemimpinan Kepala Sekolah tersebut terutama
dalam meningkatkan mutu Pendidikan perlu adanya pemberian motivasi bukan
sekedar pemberian semangat kerja, melainkan material agar dapat membantu
beban bagi guru-guru yang ikut serta dalam melakukan kegiatan atau menempuh
studi yang lebih tinggi lagi.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Pembinaan, Motivasi Kerja,
Pengawasan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116778
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item