Kinerja Organisasi Dalam Pelayanan Di Kantor Lurah Maesa Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong

TENDRI SOLONG (2022) Kinerja Organisasi Dalam Pelayanan Di Kantor Lurah Maesa Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja organisasi dalam

memberikan pelayanan di Kantor Kelurahan Maesa Kecamatan Parigi Kabupaten

Parigi Moutong. Penelitian ini dilakukan di Kantor Lurah Maesa Kecamatan

Parigi Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini menggunakan teori Agus

Dwiyanto, dimana terdapat lima aspek yang diteliti, yaitu produktivitas, kualitas

layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas.

Penelitian ini

menggunakan metode kualitatif, sedangkan tipe penelitiannya deskriptif. Dalam

penelitian ini pemilihan informan diambil secara purposive, dimana peneliti akan

memilih orang-orang yang dipandang memahami masalh yang teliti. Adupun

informan dalam penelitian ini adalah Lurah Maesa, Sekretaris Lurah Maesa, Staf

Kasi Pemerintahan, Staf Kasi Kesejahteraan Rakyat dan 3 orang masyarakat.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Organisasi dalam pelayanan di

Kantor Lurah Maesa Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong pada aspek

produktivitas dalam menjalankan tugasnya sudah baik, hal ini terlihat dari

kesesuaian antara input dan output yang diberikan berikan kepada masyarakat

Kelurahan maesa . Pelaksanaan tugas sudah sesuai dengan prosedur yang

ditetapkan serta menghasilkan dokumen-dokumen berkualitas sesuai dengan

kebutuhan masyarakat. Pada aspek Kualitas Layanan, Pemerintah kelurahan

masih perlu meningkatkan kedisiplinan waktu dalam kehadiran agar proses

pelaksanaan tugas dan fungsi dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan segi

responsivitas dan responsibilitas, daya tanggap Kantor Lurah Maesa dalam

mengenali dan memahami kebutuhan masyarakat sudah baik namun masih belum

dikatakan maksimal sebab masih ada perlakuan khusus dan belum merata dalam

proses pelayanan. Aparat masih sangat kurang memperhatikan apa yang menjadi

tugas dan fungsinya sebagai pelaksana pelayanan. Pada aspek Akuntabilitas

beberapa Aparat belum memahami dengan baik tanggung jawab mereka serta

aturan-aturan dan kebijakan yang ada diruang lingkup tempat mereka bekerja dan

kurang bertanggung jawab pada aturan jam kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117317
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item