KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KANTOR KELURAHAN BALIASE KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

ALDA MEGASARI (2024) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KANTOR KELURAHAN BALIASE KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alda Megasari , Stambuk B 101 18 176 dengan judul Skripsi: “Kualitas
Pelayanan Administrasi Pada Kantor Kelurahan Baliase Kecamatan
Masamba Kabupaten Luwu Utara” dibimbing oleh Hj. Suasa selaku
pembimbing I dan Rachmad selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan
Administrasi pada Kantor Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba Kabupaten
Luwu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Deskriptif
sendiri mengacu pada suatu upaya untuk mengungkapkan suatu masalah dan
keadaan sebagaimana adanya, untuk itu peneliti dibatasi hanya mengungkapkan
fakta-fakta dan tidak menggunakan hipotesa. Sedangkan pendekatan kualitatif
ialah untuk mendapatkan pemahaman yang sifatnya secara umum terhadap
kenyataan sosial dari perspektif partisipan. Adapun pihak yang menjadi informan
kunci dalam penelitian ini sebanyak tujuh (7) orang, yaitu: Sekretaris Lurah, Staf
dua (2) orang, Ketua RT/RW Lingkungan Baliase, dan Masyarakat tiga (3) orang.
Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat (4) tahap,
antara lain: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kualitas
pelayanan yang dikemukakan oleh Taliziduhu Ndraha (2001:67) dalam Jasmila
(2022), yang mana menjelaskan bahwa terdapat empat (4) indikator yang
digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat, yaitu: kecepatan,
ketepatan, kemudahan, dan keadilan.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa Kualitas
Pelayanan Administrasi pada Kantor Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba
Kabupaten Luwu Utara pada indikator kecepatan belum berjalan dengan baik,
dilihat dari fasilitas yang digunakan aparat untuk bekerja dan melayani
masyarakat seperti komputer/laptop dan printer sangat kurang dan sering
mengalami kerusakan yang mengakibatkan kecepatan pelayanan administrasi di
Kantor Kelurahan Baliase belum berjalan dengan maksimal, akan tetapi pada
indikator ketepatan, kemudahan, dan keadilan sudah berjalan dengan baik dan
menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan yang ada.
Kata Kunci: Cepat, Tepat, Mudah, Adil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118311
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item