ALDA MEGASARI (2024) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KANTOR KELURAHAN BALIASE KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Alda Megasari , Stambuk B 101 18 176 dengan judul Skripsi: “Kualitas 
Pelayanan Administrasi Pada Kantor Kelurahan Baliase Kecamatan 
Masamba Kabupaten Luwu Utara†dibimbing oleh Hj. Suasa selaku 
pembimbing I dan Rachmad selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan 
Administrasi pada Kantor Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba Kabupaten 
Luwu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dengan 
menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data 
dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data yang 
digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Deskriptif 
sendiri mengacu pada suatu upaya untuk mengungkapkan suatu masalah dan 
keadaan sebagaimana adanya, untuk itu peneliti dibatasi hanya mengungkapkan 
fakta-fakta dan tidak menggunakan hipotesa. Sedangkan pendekatan kualitatif 
ialah untuk mendapatkan pemahaman yang sifatnya secara umum terhadap 
kenyataan sosial dari perspektif partisipan. Adapun pihak yang menjadi informan 
kunci dalam penelitian ini sebanyak tujuh (7) orang, yaitu: Sekretaris Lurah, Staf 
dua (2) orang, Ketua RT/RW Lingkungan Baliase, dan Masyarakat tiga (3) orang. 
Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat (4) tahap, 
antara lain: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan 
kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kualitas 
pelayanan yang dikemukakan oleh Taliziduhu Ndraha (2001:67) dalam Jasmila 
(2022), yang mana menjelaskan bahwa terdapat empat (4) indikator yang 
digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat, yaitu: kecepatan, 
ketepatan, kemudahan, dan keadilan.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa Kualitas 
Pelayanan Administrasi pada Kantor Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba 
Kabupaten Luwu Utara pada indikator kecepatan belum berjalan dengan baik, 
dilihat dari fasilitas yang digunakan aparat untuk bekerja dan melayani 
masyarakat seperti komputer/laptop dan printer sangat kurang dan sering 
mengalami kerusakan yang mengakibatkan kecepatan pelayanan administrasi di 
Kantor Kelurahan Baliase belum berjalan dengan maksimal, akan tetapi pada 
indikator ketepatan, kemudahan, dan keadilan sudah berjalan dengan baik dan 
menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan yang ada.
Kata Kunci: Cepat, Tepat, Mudah, Adil.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118311 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

