MOH RAFLI ADITIYA (2024) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PENGGUNA KARTU INDONESIA SEJAHTERA DI PUSKESMAS PANTOLOAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
MOH. RAFLI ADITIYA : B 101 17 274, Prodi Administrasi Publik, Dengan
Judul, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Pengguna Kartu Indonsesia
Sejahtera Di Puskesmas Pantoloan†Dibimbing oleh Ibu Hj. Suasa selaku
pembimbing I dan Ibu Mukarramah selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan kesehatan yang
diberikan kepada pasien pengguna Kartu Indonesia Sejahtera dan untuk mengetahui
faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam memberikan pelayanan yang
maksimal kepada pasien pengguna Kartu Indonesia Sejahtera di Puskesmas
Pantoloan. Puskesmas menjadi ujung tombak dalam sistem pelayanan kesehatan di
Indonesia. Artinya, pelayanan kesehatan menjadi tolak ukur bagi kualitas pelayanan
kesehatan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada Puskesmas Pantoloan
Kecamatan Tawaeli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teori kualitas pelayanan yang
dikemukakan oleh Taliziduhu Ndraha (2001:67) dengan indikator yakni : Kecepatan,
Ketepatan, Kemudahan, dan Keadilan. Pengumpulan data yang dikumpulkan dalam
penelitian ini yaitu pengamatan, wawancara dan dokumentasi dengan jenis data
primer dan sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan Kartu Indonesia Sejahtera di
Puskesmas Pantoloan sebenarnya sudah efektif dan juga memberi manfaat bagi
masyarakat serta mengurangi biaya untuk berobat. Kemudian yang menjadi faktor
penghambat dalam memberikan pelayanan kepada pasien pengguna Kartu Indonesia
Sejahtera adalah terkait sumber daya kesehatan dan fasilitas kesehatan yang masih
kurang memadai.
Kata Kunci : Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118414 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |