KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSAT KESEHATAN MASYRAKAT KECAMATAN GALANG KABUPATEN TOLI TOLI

INDAH SARI (2023) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSAT KESEHATAN MASYRAKAT KECAMATAN GALANG KABUPATEN TOLI TOLI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indah Sari (B101 18 043), “Kualitas Pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat Galang, Kecamatan Galang, Kabupaten Toli-Toli” (dibimbing oleh Bapak. Muzakir Tawil, selaku pembimbing I dan Bapak M.Kafrawi Al-Kafiah Samsu,Selaku pembimbing II)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan kesehatan pada Pusat Kesehatan Masyarakat galang, Kecamatan Galang Kabupaten Toli-Toli. Tipe Penelitian ini adalah Deskriptif sedangkan dasar penelitian bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam penelitian ini rnenggunakan teori Zeithhaml, Parasuraman dan Berry (dalam Hardiansyah 2011:46) dimana ada lima indikator yang digunakan dalam mengukur Kualitas Pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat Galang ,Kecamatan Galang Kabupaten Toli-Toli kelima indikator tersebut adalah Bukti langsung (Tangibles), Kehandalan (Reability), Daya tanggap (Responsiveness), Jamiman (Assurance) dan Empati (Emphaty).
Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Galang Desa Tinigi Kecamatan Galang belum berjalan dengan baik, dilihat dari aspek Bukti langsung (Tangibles) tidak memadai karena jarak tempuh yang jauh sekitar 5 km dari jalan poros juga beberapa peralatan kesehatan yang belum tersedia seperti alat USG,dan EKG jantung,Alat sterilisasi. Kehandalan (Reability) kurangnya tenaga dokter dan beberapa pegawai yang tidak disiplin. Daya tanggap (Responsiveness) juga masih ada kendala,yaitu pegawai tidak memberikan informasi yang jelas di Apotik sehingga pasien tidak tahu obat yang diberikan kegunaanya untuk apa. Jamiman (Assurance) sudah baik karena tenaga kesehatan di Puskesmas Galang mempunyai Surat Teregister (STR) yang bisa menjadi pegangan hukum.dan Empati (Emphaty) juga belum berjalan baik,dimana beberapa pegawai di loket administrasi yang tidak menaggapi dengan baik karena menggunakan handphone di jam kerja.
Kata Kunci :Kualitas,Pelayanan,Dan Pusat Kesehatan Masyarakat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118417
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item