KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PENGGUNA KARTU BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL RAWAT INAP DIRUMAH SAKIT ANUTAPURA KOTA PALU

ANNISA (2024) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PENGGUNA KARTU BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL RAWAT INAP DIRUMAH SAKIT ANUTAPURA KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Annisa B 101 20 228, Kualitas Pelayanan Kesehatan Pengguna Kartu Badan
Penyelenggara Jaminan Sosial Rawat Inap di Rumah Sakit Anutapura Kota Palu
. Pembimbing I Muzakir Tawil dan Dosen Pembimbing II Moh. Royfandi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan Pengguna
Kartu Badan Jaminan Penyelenggara Sosial Rawat Inap Di Rumah Sakit Anutapura
Kota Palu. Penelitian ini menggunakan teori 5 dimensi kualitas pelayanan menurut
Parasuraman, Zeithaml dan Berry (1990) yang terdiri dari Tangible (Bukti Fisik),
Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jamianan), dan
Emphaty (Empati). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang
bertujuan untuk menggambarkan berbagai kondisi, fenomena, atau situasi yang
berkaitan dengan objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
Observasi, Wawancara, informan secara mendalam dan Dokumentasi untuk
mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Informan
dalam penelitian ini berjumlah 6 orang dengan menggunakan teknik purposive
sampling.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari 5 dimensi maka dapat diambil
kesimpulan bahwa kualitas pelayanan kesehatan pengguna kartu badan penyelenggara
jaminan sosial rawat inap di rumah sakit anutapura kota palu masih kurang baik dan
perlu ditingkatkan. Terdapat 1 indikator yang belum berjalan dengan baik yaitu,
Emphaty (Empati) kurangnya keramahan petugas dalam memberikan pelayanan
kepada pasien dan belum memenuhi Standar Operasional Prosedur Pelayanan (SOP)
tentang pedoman standar pelayanan. Sedangkan ada 4 indikator yang sudah berjalan
dengan baik dan sudah memenuhi Standar Operasioan (SOP) tentang Fasilitas
Pelayanan Kesehatan dan tentang pedoman standar pelayanan. Diantaranya Tangible
(Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance
(Jaminan)
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit Anutapura

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118423
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item