KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS LOBU KECAMATAN LOBU KABUPATEN BANGGAI

ADINDA RAMADHANI TENNY (2023) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS LOBU KECAMATAN LOBU KABUPATEN BANGGAI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Adinda Ramadhani Tenny, B10119168, Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Lobu Kecamatan Lobu. Dibawah bimbingan Mashuri H. Tahili selaku Pembimbing I dan M. Kafrawi Al – Kafiah selaku Pembimbing II.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Lobu, Kecamatan Lobu, Kabupaten Banggai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang, dan penarikan sampel penelitian menggunakan teknik sampel purposif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa kualitas pelayanan publik di Puskesmas Lobu, Kecamatan Lobu, Kabupaten Banggai menunjukkan aspek reliabilitas (reliability) dalam penelitian ini kurang berjalan dengan baik, karena masih ada aparatur yang tidak handal dalam menggunakan alat bantu proses pelayanan. Kemudian, dari aspek daya tanggap (responsiveness) juga kurang berjalan dengan optimal. Hal ini disebabkan oleh pegawai puskesmas masih kurang mampu menyelesaikan tugas-tugas pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat. Selanjutnya, dilihat dari aspek kepercayaan (trust) menunjukkan bahwa pelayanan puskesmas masih kurang maksimal. Hal ini dibuktikan dari beberapa pegawai yang tidak mahir dalam memberikan pelayanan dalam penggantian kateter dan pergantian pemasangan alat-alat infus. Selain itu, pelayanan publik dari aspek jaminan (assurance)) juga kurang berjalan dengan efektif, karena masih terdapat aparatur yang tidak displin datang tidak tepat waktu. Terakhir, dipandang dari aspek sopan santun (courtesy) sudah berjalan dengan baik, karena para pegawai telah menerapkan perilaku menghargai pasien, menjaga dan merawat pasien di puskesmas baik pasien rawat inap atau rawat jalan.

Kata Kunci: keandalan, daya tanggap, kepercayaan, sopan santun, jaminan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118428
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item