KUALITAS PELAYANAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI PUSKESMAS MALAMBORA WANI KECAMATAN TANANTOVEA KABUPATEN DONGGALA

ETHAPRATIWI (2023) KUALITAS PELAYANAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI PUSKESMAS MALAMBORA WANI KECAMATAN TANANTOVEA KABUPATEN DONGGALA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Ethapratiwi, Stambuk B 101 16 115 dengan Judul Skripsi “Kualitas
Pelayanan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di
Puskesmas Malambora Wani Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala”
Dibimbing Oleh. Syahruddin Hattab selaku pembimbing 1 Dan Mukarramah
selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana Kualitas Pelayanan
Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Puskesmas Malambora
Wani Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala. Dengan menggunakan teori
yang dikemukakan oleh Idup Suhady yaitu Tepat, Cepat, Murah, dan Ramah.
Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 (Enam) orang. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa,
Kualitas Pelayanan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di
Puskesmas Malambora Wani Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala.
belum dikatakan maksimal. Karena dari empat indikator yaitu Tepat, Cepat,
Murah, dan Ramah. Ada Dua indikator Kualitas Pelayanan Pasien Badan
Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Puskesmas Malambora Wani
Kecamatan Tanantovea belum dikatakan maksimal yaitu Tepat kesiapan dari
petugas puskesmas Malambora masih dikatakan agak lambat harus menunggu
dulu sehingga dalam waktu pelaksanaan agak lambat di karenakan pengurusan
administrasi terkadang dengan nomor antrian pasien yang sudah ada menjadi
terlewatkan, cepat terkadng pasien yang sudah diberikan pelayanan masih harus
menunggu dengan waktu sampai dokternya tiba dipuskesmas. Pada Indikator
Murah sudah dikatakan maksimal pasien pengguna Badan Penyelenggara Jaminan
Sosial tetap dilayani dengan baik lancar dalam penanganan dan tidak diberikan
bebaban untuk membayar karena pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
adalah Pasien yang sudah diatur oleh pemerintah. Dan keramahtamaan para
Petugas Puskesmas Malambora selalu memperlihat sikap yang baik sopan kepada
pasien yang datang berobat.
Kata kunci : Tepat,Cepat, Murah, dan Ramah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118447
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item