KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA OGODOPI KECAMATAN KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG

KOMANG TUTI ANDAYANI (2023) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA OGODOPI KECAMATAN KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Komang Tuti Andayani, B10119165, Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Desa Ogodopi Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Dibawah bimbingan Dr.H.Nasir Mangasing,M.Si selaku Pembimbing I dan Dr.Mashurin H.Tahili, M.Pd.,M.Si selaku Pembimbing II.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Desa Ogodopi Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penarikan informan dilakukan dengan menggunakan pusposive sampling yang berjumlah 9 orang. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui penelitian dilapangan yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di simpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Desa Ogodopi Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong, dilihat dari aspek Keandalan (reliability) sesuai dengan penelitian yang dilakukan masih kurang maksimal karena masih ada beberapa apa aparatur yang tidak handal dalam kedisiplinan waktu yang masih kurang, masih banyak perangkat Desa yang datang tidak tepat waktu membuat proses pelayanan sedikit terhambat. Aspek keresponsifan (responsivenss) juga belum berjalan dengan maksimal hal ini dikarenakan perangkat Desa di Kantor Desa Ogodopi masih terdapat aparatur yang belum mampu menyelesaikan keperluan masyarakat. Kemudian dilihat dari keyakinan (Confidence) kurang optimal demikian pula hal ini disebabkan dari beberapa perangkat Desa yang kurang berkomunikasi antar perangkat Desa dengan masyarakat masih kurang efektif. Aspek (Emphaty) kurang maksimal berjalan dengan baik, karena masih ada beberapa perangkat Desa yang kurang simpatik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Demikian pula Terwujud (Tangibles) belum berjalan efektif karena masih terdapat fasilitas pendukung yang ada di Kantor Desa Ogodopi berupa komputer masih kurang, kursi diruang tunggu, kipas anggin dan lain-lain.

Kata Kunci : Keandalan, Keresponsifan, Keyakinan, Empati, Terwujud

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118513
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item