FADEL MUHAMMAD SASTRA (2024) KUALITAS PELAYANAN SURAT KETERANGAN PENDAFTARAN TANAH DI KANTOR LURAH BAIYA KECAMATAN TAWAELI KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Fadel Muhammad Sastra Stambuk B10119189, dengan judul, “Kualitas Pelayanan
Surat Keterangan Pendaftaran Tanah Di Kantor Kelurahan Baiya Kecamatan
Tawaeli Kota Palu†Dibimbing oleh. Daswati, dan Syarif Permana Salingkat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan
Surat Keterangan Pendaftaran Tanah Di Kantor Lurah Baiya Kecamatan Tawaeli Kota
Palu. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif
Kualitatif. Dimana penarikan Informanya dilakukan dengan Phurposive. Sebanyak 5 orang.
Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data
yang digunakan melalui penelitian lapangan ( Wawancara, Dokumentasi, Observasi).
Hasil penelitian ini menggunakan teori Sinambela yang di dasarkan dengan 6
indikator. Indikator pertama dilihat dari aspek Transparansi Kualitas pelayanan Surat
Keterangan Pendaftaran Tanah di Kantor lurah Baiya Kecamatan Tawaeli Kota Palu belum baik.
Dilihat dari penerima pelayanan maupun pemberi pelayanan hal ini peneliti amati
dilapangan terkait dengan besaran biaya yang dibutuhkan dalam penerbitan surat tersebut
yakni untuk keperluan pembuatan Jual beli terdapat biaya sebesar 1% sedangkan untuk
keperluan Kepemilikan sebesar 250 ribu rupiah, aspek Kondisional yakni berkaitan
dengan Kemampuan Aparat dalam melayani Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh
peneliti dapat dikatakan bahwa aspek ini belum berjalan dengan baik. Karena fakta yang
terjadi dilapangan sesuai dengan pengamatan peneliti bahwa aktivitas pelayanan tidak
sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang mana pelayanan dimulai pada pukul 08:30
WITA.hal ini diakibatkan karena terdapat beberapa Aparat yang datang tidak tepat waktu
sehingga jam pelayanan tidak dimulai sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Pada Dimensi Kesamaan Hak juga belum berjalan dengan maksimal hal ini peneliti
yakni terkait dengan praktik pelayanan yang masih berlaku di Kelurahan Baiya khususnya
dalam pembuatan surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) yang mana pada
pembuatan SKPT tersebut umumnya dibuat dalam waktu 1 minggu bahkan sampai
2 minggu namun pada kenyataanya ada beberapa masyarakat yang memiliki hubungan
kekeluargaan dengan aparat yang ada di kantor kelurahan surat tersebut bisa jadi hanya
dalam waktu 3-4 hari saja.
Sedangkan pada Akuntabilitas, Partisipatif, dan Keseimbangan Hak dan Kewajiban
sudah berjalan dengan baik, dilihat dari hasil penelitian bahwa Aparatur
kantorKelurahan sudah mampu memberikan pelayanan sesuai dengan SOP yang
berlaku, serta aparat kantor kelurahan sudah bersifat terbuka dalam menampung aspirasi
masyarakat dengan baikkemudian juga terkait dengan model dalam memberikan pelayanan
sudah maksimal yakni sesuai dengan yang datang terlebih dahulu.
Kata Kunci: Transparansi, Akuntabulitas, Kondisional, Kesamaan Hak,
Kesamaan Hak dan Kewajiban
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118534 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |