ALFIONITA RUSLAN (2024) Manajemen Pelayanan Publik Di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Air Bersih Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Alfionita Ruslan, B 101 20 070, dengan judul “Manajemen Pelayanan Publik
Di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Air Bersih Kecamatan Pasangkayu
Kabupaten Pasangkayuâ€. Dibimbing oleh Daswati Selaku Pembimbing Utama
bersama Agusta Sri Astuti Selaku Pembimbing Pendamping.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Manajemen Pelayanan Publik di Unit
Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Air Bersih. Dasar penelitian yang digunakan
adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian menggunakan tipe
deskriptif. Adapun Teknik penentuan informan yaitu purposive dalam penelitian ini
adalah 7 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Pelayanan Publik di Unit
Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Air Bersih Kecamatan Pasangkayu masih belum
berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa kendala berupa :
(1) Perencanaan yang dilakukan oleh UPTD PAB Kecamatan Pasangkayu sudah
berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan
perencanaan yang ditentukan. (2) Organisasi yang dilakukan oleh pihak UPTD PAB
yaitu permasalahan tentang kinerja dan tugas pegawai masih kurang, karena daya
tanggap yang kurang cepat dalam merespon atau melakukan sesuatu dan
menyelesaikan masalah masih belum cukup baik sehingga beberapa pelanggan
mengeluh karena kurang efisien dan efektif. (3) Pelaksanaan yang dilakukan UPTD
PAB seperti pelaksanaan melakukan kegiatan terkait pengelolaan air bersih dalam
proses pelayanan publik belum berjalan dengan baik karena masih ada beberapa
kendala yang terjadi seperti fasilitas yang kurang memadai, penambahan jaringan
masih menunggu bantuan biaya dari pemerintah, kondisi alam yang tidak dapat
dihindari menjadi masalah yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat.(4) Pengawasan
yang dilakukan oleh UPTD PAB sendiri seperti melakukan pelaporan ke tingkat
atasan melalui laporan bulanan dan melakukan monitoring ke kantor UPTD dengan
tim yang telah dibentuk belum berjalan baik. Dan, bagi masyarakat pengawasan
seperti melakukan perbaikan terkait pengelolaan air bersih masih belum berjalan
dengan maksimal, hal ini dikarenakan masalah kinerja masing-masing pegawai yang
kurang cepat tanggap dalam mengatasi masalah pada air bersih.
Kata Kunci : Manajemen, Pelayanan Publik, Perencanaan, Pengorganisasian,
Pelaksanaan, Pengawasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118929 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |