PARTICIPATORY BUDGETING DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA SIWALEMPU KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA

ANDINI (2024) PARTICIPATORY BUDGETING DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA SIWALEMPU KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Andini B 101 20 097, dengan judul“Participatory Budgeting Dalam Perencanaan Pembangunan Dan Anggaran Pendapatan Belanja Desa Siwalempu Kecamatan Sojol”. Dibimbing oleh Bapak Dr. Muhammad Irfan Mufti, M.Si Bersama Bapak Dr. Abdul Hamid, S.Sos, M.Si

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Participatory Budgeting dalam perencanaan pembangunan dan anggaran pendapatan belanja desa di Desa Siwalempu, Kecamatan Sojol. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Participatory Budgeting memberikan dampak positif dalam perencanaan pembangunan desa dengan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam pengambilan keputusan anggaran. Partisipasi masyarakat juga berpotensi untuk meningkatkan akuntabilitas dan keterbukaan pemerintah desa. Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep Participatory Budgeting dan relevansinya dalam konteks pembangunan desa di Indonesia.

Kata Kunci: Participatory Budgeting, Perencanaan Pembangunan, Anggaran Pendapatan Belanja Desa, Partisipasi Masyarakat, Akuntabilitas, Keterbukaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/121072
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item