PELAYANAN PENDAFTARAN TANAH DIKANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MOROWALI

ELMA FITRIA (2023) PELAYANAN PENDAFTARAN TANAH DIKANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MOROWALI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Elma Fitria B 101 19 055, dengan judul “Pelayanan Pendaftaran Tanah Di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali”. Dibimbing oleh Bapak Slamet Riadi bersama Bapak Rachmad
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali, tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan yang ada Di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini menentukan informan menggunakan metode purposive.Tehnik analisis data Model analisis data yang digunakan peneliti adalah model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014: 12- 14). Komponen dalam analisis data Miles, Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 4 (empat) orang yaitu terdiri dari dua pegawai Kantor Pertanahan dan dua 2 orang Masyarakat penerima layanan sertifikat tanah. Dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tinjauan literatur. Penelitian ini menggunakan Teori Zeithaml, Parasuraman & Berry (1990) yang menyatakan ada lima aspek yakni Tangibles (Bukti langsung), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya tanggap), Assurance (Jaminan), dan Empaty (Empati).
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Pelayanan Pendaftaran Tanah di kantor Pertanahan Kabupaten Morowali sudah baik namun belum maksimal. Hal ini dapat ditinjau dari lima aspek, dimana ada Empat aspek yang sudah berjalan dengan baik yaitu aspek Tangibles , Responsiveness, Assurance dan Empaty dan satu aspek yang belum berjalan dengan baik yaitu aspek Reliability waktu penyelesian pengurusan sertifikat tanah masih belum sesuai dengan ketentuan atau harapan masyarakat dalam mengatasi permasalahan tersebut.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Bukti langsung, Kehandalan, Daya tanggap, Jaminan dan Empati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/121473
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item