NURUL HIKMAH (2024) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurul Hikmah B10120137, Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap
Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua Di
Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kota Palu. Pembimbing 1
Ani Susanti dan dosen pembimbing II Syarif Permana Salingkat.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, untuk mengetahui Pengaruh
Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan
Bermotor Di Kantor Sistem Manunggal Satu Atap Kota Palu. Penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan berbasis angka dan
dianalisis secara statistik. Dengan menggunakan teori Edison et al untuk variabel
kompetensi dengan 3 dimensi yaitu, pengetahuan, keahlian, dan sikap, dan pada
kualitas pelayanan menggunakan teori Dwiyanto dengan 5 dimensi yaitu, sikap,
prosedur, waktu, fasilitas, dan biaya pelayanan. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan penyebaran kuesioner dan survei yang
dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini
adalah seluruh wajib pajak yang membayar pajak kendaraan bermotor di Kantor
Samsat Kota palu yang berjumlah 46.354 wajib pajak, teknik penarikan sampel
pada penelitian ini menggunakan Rumus Slovin dengan jumlah sampel
mendapatkan sebanyak 99,78 yang dibulatkan menjadi 100 responden.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji normalitas
memenuhi asumsi normalitas atau Asymp.Sig (2 – tailed) sebesar 0,076 > 0,05. Pada
hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa pada variabel
kompetensi memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan
persamaan regresi Y = 6,518 + 0,764X. Dengan hasil uji F pada nilai F hitung > F
tabel atau 113,107 > 3,94 maka dari itu dapat dinyatakan bahwa kompetensi
pegawai berpengaruh secara simultan terhadap kualitas pelayanan dengan dalam
pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua di kantor samsat kota palu.
Selain itu, nilai koefisien determinasi sebesar 0,536 yang menunjukkan
bahwa 53,6?lam variabel kualitas pelayanan dapat dijelaskan oleh variabel
kompetensi pegawai, sementara 46,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain
Kata kunci : Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan, Pembayaran Pajak
Kendaraan Bermotor, Samsat Kota Palu
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/126419 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |