RAFLIADI (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Dan Pasien Umum Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Rafliadi B 101 20 019, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pasien BPJS Dan Pasien Umum Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi
Sulawesi Tengah . Pembimbing 1 Syahruddin Hattab dan Dosen Pembimbing
II Syarif Permana Salingkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Dan Pasien Umum Rumah Sakit Umum Daerah
Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan teori 5 dimensi
kualitas pelayanan menurut Kotler Dan Keller (2016:442), yang terdiri dari
Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap),
Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Empati). Penelitian ini Menggunakan Desain
Penelitian Mix Method dengan pendekatan Sequential Exploratory. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode obeservasi, wawancara dan angket atau
kuesioner dan jenis data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.
sampel yang digunakan sebanyak 97 Responden.
Hasil Penelitian Kuantitatif Menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan
berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS Dan Pasien Umum Pada Rumah Sakit
Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah dengan nilai t hitung > t tabel
9,809 > 2,69) dengan taraf signifikansi < 0,05 (0,001 < 0,05) sehingga Ha diterima
dan H0 ditolak,Kemudian Nilai Fhitung sebesar 10.739 dengan nilai signifikansi
0,001 <0,005 dengan Koefisien Determinasi 83,0%. Indikator Kualitas Pelayanan
yang dominan berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien BPJS dan Umum Adalah
Empathy Karena Memiliki Nilai Mean Paling Besar Dibandingkan Dengan
Indikator Lain
Hasil Penelitian Kualitatif yang menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Rumah
Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah belum berjalan dengan baik
padindikator Reliability,Responsiveness,Assurance,Empathy,Tangibles, hal ini
dapat dilihat dari kinerja dokter yang tidak optimal, waktu pelayanan yang tidak
pasti, kurangnya respon dan keramahan petugas dalam memberikan pelayanan,
sarana dan prasarana yang belum memadai. Segala bentuk masalah ini perlu adanya
perbaikan agar kedepannya dapat berjalan dengan baik
Kata kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien BPJS Dan Pasien
Umu
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/126869 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |