PERILAKU BIROKRASI DALAM PELAYANAN DANA BANTUAN STIMULAN KORBAN BENCANA ALAM PADA KANTOR KELURAHAN TAVANJUKA KOTA PALU

MUHAMMAD ANDYKA (2022) PERILAKU BIROKRASI DALAM PELAYANAN DANA BANTUAN STIMULAN KORBAN BENCANA ALAM PADA KANTOR KELURAHAN TAVANJUKA KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Andyka stambuk B 101 17 115 dengan judul skripsi “ Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Dana Bantuan Stimulan Korban Bencana Alam Pada Kantor Kelurahan Tavanjuka Kota Palu”, dibimbing oleh bapak Abdul Rivai selaku pembimbing 1 dan ibu Mukarramah selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Dana Bantuan Stimulan di Kantor Kelurahan Tavanjuka Kota Palu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Siagian (1994:102-112), dimana ada empat dimensi yang digunakan untuk mengukur perilaku birokrasi dalam pelayanan Dana Bantuan Stimulan di Kantor Kelurahan Tavanjuka Kota Palu. Keempat dimensi tersebut yaitu Peduli, Disiplin, Peka dan Tanggung Jawab. Informan dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan adalah purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Dana Bantuan Stimulan di Kantor Kelurahan Tavanjuka Kota Palu belum maksimal. Karena dari empat dimensi yaitu peduli, Disiplin, Peka dan Tanggung Jawab ada dua dimensi dalam perilaku birokrasi yang belum cukup baik yaitu dimensi Disiplin dimana masih sering terjadi keterlambatan serta pulang sebelum jam operasional selesai oleh aparat Kelurahan Tavanjuka, sehingga mengakibatkan pelayanan menjadi tertunda. Dimensi Tanggung Jawab dimana petugas dalam memberikan pelayanan kurang transparansi kepada masyarakat dinilai dari penentuan standar pengkategorian dalam pendataan penerima bantuan dana stimulan, sehingga menimbulkan pertanyaan dan kecurigaan oleh masyarakat yang dapat menyebabkan kecemburuan sosial. Pada dimensi Peduli dan Peka sudah baik dilihat dari ketanggapan pegawai dalam merespon segala kebutuhan penerima bantuan dana stimulan dalam memberikan informasi dan mengarahkan masyarakat yang mengalami kendala dalam pengurusan berkas persyaratan.
Kata Kunci : Peduli, Disiplin, Peka dan Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133980
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item