KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN TANAMODINDI KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU

-, ANANDKA PRADANA (2025) KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN TANAMODINDI KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

[thumbnail of -] Text (-)
B10121084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anandka Pradana, Nomor Stanbuk B10121084 Jurusan Administrasi Publik, Judul Skripsi: Kinerja Aparatur Sipil negara dalam Pelayanan Publik Di kelurahan Tanamodindi Kota Palu. Pembimbing 1 Rahmawati Halim dan pembimbing II Muhammad Afandi
Penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja ASN dalam pelayanan publik di Kelurahan Tanamodindi Kota Palu dengan metode deskriptif kualitatif menggunakan teori Agus Dwiyanto (2012) yang mencakup lima indikator kinerja. Dasar penelitian ini adalah field Research (penelitian lapangan), jenis data yaitu data primer dan sekunder. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik purposive sampling, informan dalam penelitian berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dan bahan dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ASN secara umum belum optimal sepenuhnya. Pada indikator produktivitas, ASN dinilai baik karena mampu memberikan pelayanan cepat, tertib, transparan, dan efektif meski ada kendala di lapangan. Pada indikator kualitas layanan, ASN juga baik karena memberikan pelayanan ramah, cepat, komunikatif, serta teliti sehingga meningkatkan kepuasan masyarakat. Pada indikator responsivitas, ASN menunjukkan kinerja baik karena tanggap dalam situasi mendesak, tetap teliti, dan mudah dihubungi sehingga memudahkan masyarakat. Selanjutnya, pada indikator akuntabilitas, ASN dinilai baik karena pelayanan berlangsung transparan, jelas, dan mudah dipahami. Namun pada indikator responsibilitas, masih terdapat kelemahan berupa kurang disiplin waktu dan ketidakkonsistenan kehadiran, sehingga masyarakat kadang harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kinerja, Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsibilitas, Responsivitas, Akuntabilitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Listiawati
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:13
Last Modified: 15 Dec 2025 02:13
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/152228
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item